Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Jitu Cara Menentukan Judul Skripsi

Cara Membuat Judul Skripsi

Deskripsi singkat dari skripsi. Skripsi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menulis sebuah karya ilmiah atau penelitian yang membahas suatu priblematika dalam disiplin ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. 

Skripsi merupakan mata kuliah yang paling berbeda dari mata kuliah yang lain yang pernah diambil selama menjadi mahasiswa S1. Biasanya kebanyakan mahasiswa kesulitan dalam menentukan sebuah judul skripsi.

Padahal dalam penerapannya sangat mudah dalam menentukan sebuah judul skripsi tinggal bagaimana strategi yang akan digunakan untuk menentukannya. Berikut adalah cara jitu menentukan judul skripsi menurut pengalaman mimin.

Strategi Menemukan Judul Skripsi

1. Cari Masalahnya dan Tentukan Judulnya

Tidak sedikit mahasiswa saat menyusun skripsi dia menentukan judul terlebih dahulu  dan melakukan observasi dilapangan. Padahal cara seperti itu kurang efisien karena bisa jadi fakta dilapangan berbeda dengan apa yang difikirkan.

Hal yang harus dilakukan sebenarnya adalah tanamankan mindset "masalah adalah solusi" karena jika sobat telah menemukan masalah disana akan lebih leluasa untuk mengembangkan ide, coba mulai dengan apa yang sobat minati kira apa ada masalah yang dapat ditelilti. 

2. Relevan Dengan Disiplin Ilmu

Mungkin hal ini sudah diketahui semua mahasiswa yang ingin menyusun skripsi tapi tidak ada salahnya mimin mengingatkan agar bisa lebih pro saat menyusunya . 

Skripsi yang sesuai dengan disiplin ilmu yang yang ditempuh akan memperluas ide yang akan ditemukan karena sudah hampir empat tahun berkecimpung dalam bidang tersebut. 

3. Pilih Tema Atau Topik Yang Dapat Di Selesaikan Tepat Waktu

Nah ini juga yang harus menjadi pertimbangan mahasiswa yang akan menentukan judul skripsi, jangan ingin dianggap hebat sehingga  memilih judul yang sangat sulit diselesaikan karena hal tersebut akan memakan waktu lebih lama.

Oleh karena itu bagi mahasiswa yang ingin menyusun sebuah judul skripsi jangan memasukkan variabel-variabel yang sekiranya cukup sulit untuk di selesaikan karena jangan sampai memilih judul yang sulit sehingga ditengah jalan muncul dibenak menyerah dan mengganti judul yang baru.

4. Pertimbangankan Alokasi Dana 

Dalam menyusun sebuah skripsi ada hal yang harus diperhatikan sebelum turun ke lapangan karena dalam proses penyusunannya biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit, mulai dari biaya penelitian, print, penjilidan dan lain sebagainya. Kecuali melakukan penelitian pustaka sobat sema dapat menekan budget karena dapat mengambil data dari perpustakaan atau mencari ebook di internet. 

5. Perbanyak Turun Lapangan

Sebelum menentukan judul skripsi sobat sema harus melakukan observasi awal karena hal tersebut akan membuat anda semakin kaya akan informasi yang dapat dijadikan sebagai rujukan dalam menyusun skripsi. 

Semakin sering melakukan observasi secara langsung maka peluang mendapatkan ide akan semakin besar. 

6. Mencari Referensi Dari Skripsi Terdahulu

Jika ingin memilih sebuah judul skripsi mimin sarankan sering-sering membaca skripsi senior yang sudah selesai menyelesaikannya atau bisa berselancar diinternet untuk mencari refrensi dari kampus lain yanng mengangkat topik yang sama.

7. Memilih Beberapa Judul Sebagai Alternatif

Setelah menentukan judul skripsi, jangan lupan menyediakan judul yang lain sebagai cadangan karena itu bisa menjadi solusi apa bila nanti judul yang telah dipersiapkan tidak sesuai ekspektasi.

8. Memilih Skripsi Yang Hasilnya Dapat Bermanfaat Bagi Orang Lain

Apabila kita hendak melakukan sesuatu dengan niat agar hal yang kita lakukan tersebut dapat bermanfaat bagi orsng lain maka yakinlah tuhan akan membantu dalam proses penyusunan sampai selesai.

9. Meminta Saran Dan Masukan

Dalam memilih sebuah judul tidak ada salahnya meminta masukan kepada teman atau senior yang sudsh menyelesaikan ujian skripsi untuk memberi masukan disana sobat sema juga dapat evaluasi dan solusi.

Dan jangan lupa meminta saran dari dosen pembimbing, karena dosen yang telah ditunjuk sebagai pembimbing skripsi tentunya mempunyai pengalaman lebih dalam penyusunan skripsi. Jadi, jangan sungkan-sungkan menghubungi dosen pembimbing karena beliau sebagai mempunyai tanggung jawab untuk mengarahkan mahasiswanya.

Itulah beberapa tips dari mimin dalam menyusun judul skripsi. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberi pencerahan. 

Posting Komentar untuk "Trik Jitu Cara Menentukan Judul Skripsi"