Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Ilmu Eksakta dan Non Eksakta

perbedaan eksak dan non eksak

Banyak mahasiswa yang masih belum mengerti perbedaan kampus eksakta dan non eksakta bahkan tidak sedikit mahasiswa yang sudah lama duduk di bangku kuliah tidak mengetahui apakah dirinya kuliah di kampus eksakta atau non eksakta, berikut penjelasan tentang perbedaan kampus eksakta dan non eksakta. 

Ada pertanyaan dari sobat kampus sehingga membuat saya tertarik membahasnya, "Jelasin perbedaan kampus eksak dan non eksak dong?" Jadi pada dasarnya perbedaan yang paling mencolok antara keduanya adalah bagian yang dipelajarinya. Apabila ilmu eksakta dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hal-hal yang pasti, ilmu eksakta identik dengan mempelajari perhitungan angka, nilai atau statistik biasanya menggunakan analisis kuantitatif untuk menyelesaikan permasalahannya.

Apabila definisi ilmu eksakta mempelajari tentang hal-hal yang pasti bukan berarti ilmu non eksakta mempelajari tidak pasti, namun pada ilmu non eksakta yang dipelajari adalah teori-teori yang sudah ada, pada ilmu non eksakta, ketika muncul teori baru yang lebih relevan maka teori lama dapat tidak digunakan lagi (dialektika ilmu), dalam menyelesaikan masalah biasanya ilmu non eksakta menggunakan metode kualitatif. 

Berikut jurusan yang dapat digolongkan dalam lingkup Eksakta :
1. Teknik Sipil
2. Teknik Mesin
3. Arsitektur
4. Matematika
5. Teknik Industri
6. Ilmu Keperawatan
7. Pendidikan Kedokteran Gigi
8. Kedokteran
9. Teknologi Informasi
11. Dll.

Berikut jurusan yang dapat digolongkan dalam lingkup Non Eksakta :
1. Psikologi
2. Ilmu Komunikasi
3. Hubungan Internasional
4. Sosiologi
5.Ilmu Hukum
6. Bimbingan Konnseling
7. Ilmu Politik
8. Dll.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ilmu eksakta identik dengan rumus, statistik, dan perhitungan sedangkan non eksakta lebih cenderung menggunakan berbagai teori dan tidak terdapat dihitung angka di dalamnya. Namun ilmu non eksakta bukan berarti tidak ada kepastian di dalamnya meskipun tidak membahas perhitungan dan menggunakan statistik pada ilmu tersebut. 

Contohnya dalam ilmu hukum kita dalam menentukan putusan hakim tidak boleh hanya mempertimbangkan undang-undang akan tetapi hakim juga harus melihat kondisi terdakwa sebagai pertimbangan dalam memutuskan kan sebuah perkara, maka dari itu terkadang kita melihat seseorang yang sudah melakukan pidana yang sama tapi masa hukumnya berbeda.

Bagaimana apa sudah tau berbedaannya? 

Ilmu eksakta dan non eksakta keduanya merupakan ilmu yang sama pentingnya di kehidupan bermasyarakat tapi mempunyai fungsi yang berbeda.

Demikianlah pembahasan kali ini semoga dapat menambah wawasan kalian.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Ilmu Eksakta dan Non Eksakta"