Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan Mahasiswa Dalam Menanggapi Pandemi Covid-19

Peranan mahasiswa diera pandemi


Sejak maret tahun 2020 lalu pendidikian di Indonesia dari tingkat TK, SD sampai ke Perguruan Tinggi dilakukan secara daring demi mencegah terjadinya penularan infeksi virus Covid-19. Perubahan cara belajar mengajar ini jelas membuat pelajar atau pengajar kebingungan karena tidak ada persiapan sebelumnya sehingga memaksa kita untuk menjadikan teknologi sebagai media belajar mengajar aja secara penuh.

Tentunya dampak dari pandemi ini telah merampas gerak kita dan menghambat aktivitas kita sehari-hari karena kebanyakan aktivitas yang dilakukan harus di lakukan secara langsung sehingga tidak sedikit dari kita kewalahan menghadapi perubahan seperti ini. 

Disisi lain, era Revolusi Industri 4.0 yang semuanya mangarah pada digitialisasi dunia pendidikan juga harus mengikuti perkembangan zaman tersebut karena era digitialisasi akan terus berkembang dalam semua bidang tak terkecuali dalam dunia pendidikan sehingga dibutuhkan transformasi khususnya dalam proses belajar mengajar demi menjawab tantangan zaman. 

Dan pertanyaannya bagaimana dengan peranan mahasiswa dalam menanggapi pembelajaran seperti ini ? Sangat disayangkan apa bila mahasiswa hanya menutup mata dalam hal seperti ini yang notabenya mempunyai peranan sangat penting sebagai agen perubahan.

Berbagai upaya dan pencegahan dalam meminimalisir penularan terinfeksi virus ini juga dilakukan oleh masyarakat salah satunya mahasiswa dengan segala pengetahuannya diharapkan dapat pro aktif dalam menangani hal seperti ini.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa sehingga dapat membantu kehidupan masyarakat. Dalam masa seperti ini mahasiswa dapat berkesempatan untuk mencegah tertularnya virus ini pada diri sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat, karena kaum intelektual akan menjadi contoh bagi yang lain.

Mahasiswa juga dapat memanfaatkan media sosial untuk membuat suatu gerakan bersama dalam mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat untuk selalu berwaspada menghindari terinfeksi secara online untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak atau dapat membuat donasi bagi mereka yang kesulitan karena pandemi ini. 

Tidak hanya itu, mahasiswa juga dapat terjun langsung berpartisipasi dalam melakukan pencegahan dini satgas Covid-19 yang dapat menyalurkan vitamin, makanan atau logistik demi menyudahi pandemi ini 

Posting Komentar untuk "Peranan Mahasiswa Dalam Menanggapi Pandemi Covid-19 "