Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perandan Tanggung Jawab Sebagai Mahasiswa

peran mahasiswa

Sebagai golongan intelektual mahasiswa mempunyai pandangan tersendiri dimata masyarakat, peran mahasiswa sebagai kaum terpelajar mahasiswa tidak hanya berkutat pada pembelajaran di ruang kelas, perpustakaan maupun di internet akan tetapi mahasiswa juga mempunyai tanggung lebih terhadap kondisi lingkungannya.

Mahasiswa bukanlah seorang yang tidak sengaja terdampar di kampus karena menjadi mahasiswa mempunyai konsekuensi yang harus diterima maka dari itu sebagai kaum terpelajar tidak lagi disebut sebagai siswa tapi mempunyai identitas yang identik dengan kebesaran Tuhan yaitu Maha yang berarti sangat atau amat.

Sebagai golongan kecil dalam bagian masyarakat Mahasiswa juga mempunyai tempat tersendiri di lingkungan masyarakat dan bukan berarti mahasiswa membuat kelompok sendiri sehingga membuat gap di antara mahasiswa dan masyarakat. Maka dari itu seseorang yang mempunyai identitas sebagai mahasiswa harus mengetahui dan menerapkan peran dan tanggung jawab dalam memenuhi tupoksi sebagai Mahasiswa itu sendiri.

Ada empat peran penting yang diharapkan oleh masyarakat terhadap Mahasiswa antara lain : peran sebagai agent of change, social control, iron stock, dan moral force. Mahasiswa bukan hanya sekedar menjadi agen perubahan akan tetapi mahasiswa juga harus mampu menjadi agen pemberdayaan masyarakat kearah yang lebih baik yang kemudian ditunjang dengan fungsi mahasiswa sebagai social control yang menjadi penyaring terhadap budaya buruk sehingga menutup celah terjadinya pemrosotan moral di masyarakat karena dalam hal ini mahasiswa bukanlah menjadi pengamat tapi juga harus menjadi pelaku karena tidak dapat dipungkiri mahasiswa juga bagian dari masyarakat

Di mata masyarakat mahasiswa dijadikan sebagai panutan berdasarkan dengan pengetahuan, tingkat pendidikan, dan pola berfikirnya. Namun, pada kenyataannya di lapangan berbeda dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat, mahasiswa cenderung hanya mendalami ilmu dan teori di bangku perkuliahan dan hanya sedikit diantaranya yang berkontak langsung dengan masyarakat, walaupun ada sebagian yang memulai pendekatan dalam mengabdikan diri pada masyarakat. Adapun peran yang menjadi tanggung jawab sebagai mahasiswa antara lain :

1. Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change (Agen Perubahan) 

Sebagai agen perubahan mahasiswa tidak diibaratkan sebagai pahlawan yang datang pada suatu negeri yang sedang kacau lalu mengusir para penjahat dari negeri itu dan dengan gagahnya pahlawan pergi dengan diiringi sorak dan tepuk tangan oleh penduduk setempat. Artinya kita sebagai mahasiswa tidak hanya menjadi penggagas perubahan akan tetapi harus menjadi pelaku dari perubahan tersebut.

Disadari atau tidak kita terlalu banyak dibodohi dan ketidak adilan yang dilakukan oleh penjabat negri ini, miris rasanya apabila tidak pernah terfikirkan oleh mahasiswa tentang hal seperti ini. 

Seharusnya kita sebagai mahasiswa mulai berfikir bagaimana melakukan perubahan dan mengembalikan semua ini ke arah yang lebih baik. Namun dengan melakukan semua perubahan ini yang paling penting adalah kita memulai dari diri sendiri.

2. Peran Mahasiswa Sebagai Social Control (Kontrol Sosial) 

Mahasiswa yang menjadi panutan dalam masyarakat berdasarkan pengetahuannya, tingkat pendidikannya dan pola befikirnya. Namun kenyataan di lapangan berbeda dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat, maka harapan seperti apa yang kiranya pantas di sematkan pada pundak mahasiswa? 

Semakin hari korupsi di negeri kita semakin memprihatinkan, hukum bisa dibeli, pendidikan sema mahal serta problematika yang lainnya. Tentunya hal ini tidak akan dirasakan bagi mereka yang berkantong tebal akan tetapi golongan menengah kebawah yang paling merasakan betapa mirisnya hidup dengan kondisi seperti ini.

Sebagai Social Control mahasiswa harus yang paling peka terhadap hal-hal semacam ini, mahasiswa sudah selayaknya melakukan perlawanan terhadap penindasan yang dilakukan oleh birokrasi yang selama ini sudah menjadi hal yang lumrah. Jika mahasiswa masih merasa acuh dan tidak peduli maka harapan apa yang pantas disematkan pada mahasiswa? 

Kita seharusnya sebagai mahasiswa seharusnya mulai menumbuhkan rasa kepedulian kita terhadap masyarakat karena kita juga bagian dari mereka. 

Kepedulian kita tidak harua berbentuk aksi atau turun kejalan tapi juga bisa dari pemikiran cemerlang, diskusi-diskusi, atau memberikan bantuan moril dan materil kepada masyarakat dan bangsa kita dengan cara memberikan sumbangsih yang secara nyata. 

3. Peran Mahasiswa Sebagai Iron Stock (Generasi Penerus Yang Tangguh) 

Sebagai generasi yang tangguh mahasiswa diharapkan memiliki budi pekerti yang mulia yang nanti akan menggantikan generasi-generasi sebelumnya, artinya mahasiswa itu merupakan aset, cadangan dan harapan bagi bangsa ini di masa depan. Tidak dapat dipungkiri perubahan besar dari zaman ke zaman terjadi berkat kaum pemuda dari zaman nabi, kolonialisme, hingga reformasi kaum pemuda selalu menjadi garda terdepan. 

Lantas apa yang perlu kita lakukan dalam memenuhi peren iron stock tersebut? Sebagai aset dan harapan bangsa selayaknya kita mulai memperkaya diri dengan pengetahuan baik itu dari segi pengetahuan dan kebangsaan.

Menjadi peran iron stock tidak cukup belajar teori saja tapi juga kepemimpinan sehingga setelah lulus nanti mahasiswa dapat memposisikan diri dalam masyarakat.

4. Peran Mahasiswa Sebagai Moral Force (Suri Tauladan)

Sebagai panutan dalam masyarakat mahasiswa dituntut mempunyai budi pekerti yang baik, tingkah laku mahasiswa akan diamati dan dinilai masyarakat untuk itu mahasiswa harus fleksibel dan pandai menempatkan diri ditengah-tengah masyarakat.

Itulah 4 peran bagi mahasiswa yang harusnya dilakukan oleh mahasiswa karena inilah cara mewujudkan nilai-nilai dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Sekian dari penjelasan 4 peran mahasiswa semoga dapat menambah wawasan. 

Posting Komentar untuk "Perandan Tanggung Jawab Sebagai Mahasiswa"