Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Organisasi Kampus Yang Harus Diketahui

organisai kampus, organisasi mahasiswa

Kesuksesan mahasiswa tidak hanya bergantung pada nilai IPK. Mengikuti kurikulum akademik tidak akan memembuat perubahan yang segnifikan dalam hidupmu meskipun IPK juga menjadi pertimbangan tapi tidak akan berpengaruh banyak. Bahkan lowongan pekerjaan jarang menggunakan IPK sebagai patokan bagi calon pencari kerja tapi skill atau kemampuan apa yang yang dapat ditonjolakan. Jadi apakah yang benar penting di dalam dunia perkuliahan ? Di dalam dunia pekerjaan keterampilan dan bakat dibidang tertentu yang paling utama mereka akan melihat bagaimana pengalaman kita bekerja sama dengan orang lain yang membuat mereka tertarik memilihmu. 

Ambisi dalam mengejar nilai IPK tidak boleh dijadikan alasan untuk mengabaikan prestasi diluar akademik yang mana kita juga harus tetap menggali potensi dalam diri kita karena yang menjadi permasalahan, dibangku kuliah kita tidak akan mendapatkan pengalaman hidup bersosial ataupun pengalaman leadership. 

Disetiap kampus menawarkan banyak organisasi yang dapat diikuti oleh mahasiswanya, itu akan menjadi peluang bagi kita untuk dijadikan tempat mencari ilmu atau pengalaman diluar bangku perkuliahan. Ada berbagai macam dan jenis organisasi kampus yang dapat diikuti dan bisa bisa menjadi tempat kamu mengembangkan potensi diri, disanalah kamu mempunyai kesempatan untuk mengembangkankan dan mengasah kemampuan yang kamu punya, karena banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mengikuti suatu organisasi. 
 

Manfaat Yang Didapatkan Ketika Mengikuti Organisasi Di Kampus

  1. Memperbanyak jaringan pertemanan
  2. Mengasah kemampuan public speaking
  3.  Mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi dan menjalin relasi sosial
  4.  Mengembangkan skill sesuai bidang
  5.  Mengembangkan bakat dan minat
  6. Belajar bekerjasama dengan orang lain
  7. Belajar memecahkan masalah
  8. Belajar mengatur waktu antara urusan akademik, organisasi, dan kehidupan personal
  9. Melatih kepemimpinan (leadership), dan masih banyak lagi. 
Dengan semua manfaat yang akan kamu dapat kamu masih ragu mengikuti organisasi kampus? 

Sangat disayangkan jika masa kuliah yang harusnya menjadi masa yang penuh pengalaman hanya dilewati dengan menjadi mahasiswa kupu-kupu. dan banyak hal dan mengejutkan di luar ruangan kelas yang akan kamu dapatkan.

Mahasiswa seharusnya tidak hanya dibatasi dalam ruang kelas. Dunia di luar ruang kelas justru menawarkan banyak realitas yang dapat membuka mata dan pikiran mahasiswa. Hal-hal baru yang ditemukan di luar ruang kelas semakin memrmbuat pola pikir mahasiswa menjadi lebih baik.

Jenis Jenis Organisasi di Kampus? 

Pada dasarnya hanya ada dua jenis organisasi kampus ini harus diketahui yaitu Organisasi Internal dan Organisasi Eksternal. Bisa jadi dari semua organisasi yang berada di kampus, ada satu organisasi yang cocok menjadi tempat untuk mengembangkan potensimu. Jadi apa saja perbedaan dari kedua organisi tersebut? 

Organisasi Intra Kampus

Apa Itu organisasi intra kampus? Definisi paling mudahnya adalah organisi yang dinaungi langsung oleh birokrasi kampus. Artinya organisi ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab birokrasi kampus dan selaras dengan garis koordinasi dalam struktural kampus.

Macam-macam organisasi intra kampus :

1. Eksekutif Mahasiswa/Badan Eksekutif/Dewan Eksekutif

Organisasi kemahasiswaan pertama yang dikenalkan pertama dalam pengenalan kehidupan kampus adalah Eksekutif Mahasiswa/Badan Eksekutif Mahasiswa.

Eksekutif Mahasiswa berada di bawah garis koordinasi dengan birokrasi kampus. Jadi organisasi intra kampus ini berada di tingkat universitas yang garis koordinasinya langsung ke rektorat sedangkan ditingakat fakultas organisasi ini mempunyai garis koordinasi dengan dekan. 

Adapun tugas yang harus dari EM/BEM/DEMA diantaranya adalah

  1. Menjadi jembatan bagi mahasiswa untuk menampung dan menyampaikan aspirasi kepada birokrasi kampus
  2. Menjadi agent of change terhadap mahasiswa yang lain 
  3. Mensinergikan seluruh organisasi mahasiswa 

2. Dewan Perwakilan Mahasiswa/Senat Mahasiswa 

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) atau Senat Mahasiswa (SEMA) adalah badan legislatif mahasiswa yang ada di sebuah universitas. Badan beranggotakan BPH dan Komisi yang dipilih melalui prosedur yang telah disepakati bersama oleh Mahasiswa. Kamu dapat menganalogikan DPM ini seperti DPR. Hanya saja ini lingkupnya di kampus. 

Jadi DPM/SEMA  memiliki fungsi legislasi "menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa. Dalam Bentuk produk hukum seperti perundang-undangan", fungsi pengawasan dan penganggaran (mengawasi kinerja EM/BEM/DEMA dan melakukan auditing kinerjanya selama periode tersebut), dan fungsi advokasi (menjembatani aspirasi mahasiswa baik itu keluhan, saran, hingga kritik dari mahasiswa kepada pihak birokrasi kampus).

3. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

Setiap jurusan di fakultas mempunyai organisasi ini. Namanya Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Sesuai dengan namanya, organisasi mahasiswa ini berada di tingkat jurusan atau program studi. Mewadahi mahasiswa dijurusan yang sama. Menjalankan peranan sebagai tempat mahasiswa saling berhimpun.

4. UKM/LSO

Unit Kegiatan Mahasiswa atau disingkat UKM merupakan wadah bagi mahasiswa dengan kesamaan minat, hobi, kegiatan, dan kreativitas dan mengembangkan kemampuan mereka bersama.

Kamu bisa menganalogikan UKM ini sama halnya dengan  organisasi ekstrakurikuler di sekolah. UKM umumnya organisasi minat/bakat di tingkat universitas. 

Sementara di tingkat fakultas, organisasi mahasiswa disebut LSOM atau Lembaga Semi Otonom. Perlu digaris bawahi, penyebutan ini bisa berbeda disetiap universitas akan tetapi tugas dan fungsinya tetap sama. 

Perbedaan UKM dan LSO adalah UKM yang berada di bawah naungan rektorat yang anggotanya berasal dari mahasiswa seluruh fakultas yang ada di kampus tersebut. Sedangkan LSO lingkupnya hanya di fakultas. Anggotanya adalah mahasiswa fakultas tersebut. Tidak ada anggota dari fakultas lain.
 

Organisasi Ekstra Kampus atau Ormek

Pernah mendengar sebutan ormek? Ada organisasi intra kampus yang keberadaannya di bawah naungan kampus dan ada pula organisasi ekstra kampus atau ormek.

Sebenarnya tidak ada definisi yang jelas tentang ormek. Namun apabila melihat dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi maka ormek bisa diartikan sebagai organisasi mahasiswa bukanlah termasuk sebuah kelengkapan struktural pada organisasi di perguruan tinggi.

Setelah beberapa tahun Indonesia mengalami Reformasi pada tahun 1998, di tahun 2002 terbitlah regulasi yang menyebabkan dilarangnya ormek masuk kampus.

Regulasi tersebut yang diterbitan oleh DIKTI adalah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 26/DIKTI/KEP/2002. Yang berisi tentang pelarangan organisasi ekstra kampus atau partai politik dalam kehidupan kampus.

Keputusan yang menjelaskan tentang pelarangan ormek mendirikan sekretariat dan melakukan kegiatan politik praktis di kampus  masih menuai perdebatan dikalangan mahasiswa maupun masyarakat hingga sekarang.

Maka dari itu kamu tidak akan melihat sekretariat ormek ada di dalam wilayah kampus tapi berada diluar wilayah kampus. Inilah salah satu yang membedakan ormek dan organisasi intra kampus.

Organisasi yang tergolong organisasi ekstra kampus adalah

- Ikatan Mahasiswa Yogyakarta
- Ikatan Mahasiswa Jawa Tengah
dan lainnya.

Apapun jenis organisasi intra atau ekstra kampus kamu bisa mengikutinya dan mengembangkan petensi diri yang sudah maupun yang belum kamu katahui dalam dirimu. 

Posting Komentar untuk "Macam Macam Organisasi Kampus Yang Harus Diketahui"