Transformasi Digitalisasi Dunia Pendidikan di Era Pandemi Covid-19

digitalisasi pendididikan di indonesia

Sudah hampir dua tahun kita telah menghadapi pandemi ini, perubahan drastis dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat tantangan tersendiri dalam menghadapinya. Pandemi Covid-19 membuat dampak yang sangat besar tak terkecuali dibidang pendidikan juga merasakan dampaknya. Sehingga mau tidak mau dunia pendidikan harus beradaptasi untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara virtual.

Tentunya ini bukanlah suatu hal mudah dilakukan oleh pengajar atau pelajar karena sebelumnya proses belajar mengajar dilaksanakan secara tradisional tanpa harus menggunakan perantara apapun tiba-tiba kita harus melaksanakan proses belajar mengajar menggunakan teknologi sebagai sarana pembelajaran yang notabenya masih jarang sekali diterapkan didunia pendidikan khususnya di Indonesia.

Masa pandemi Covid-19 ini bisa dikatakan sebagai sebuah peluang dalam mengubah wajah pendidikan di Indonesia, karena pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar selaras dengan perkembangan industri 4.0. Harapannya, pasca pandemi ini kita menjadi terbiasa dengan model pendidikan yang terbilang baru ini. 

Perubahan zaman tidak akan dapat dihindari oleh siapapun sehingga dibutuhkan persiapan sumber daya manusia (SDM) yang memadai efek dari revolusi industri 4.0  tidak  hanya pada bentuk penemuan teknologi baru tapi juga pergeseran keterampilan yang dibutuhkan oleh manusia. 

Tentu penyesuaian terhadap perubahan iklim di dunia pendidikan sangat diperlukan dalam menerapkan Pendidikan era Revolusi 4.0. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri adanya pandemi Covid-19 menjadi salah satu pendorong digitalisasi dalam dunia pendidikan. Disisi lain kita juga dituntut memahami dan mampu menggunakan teknologi dan informasi serta, tentu terdapat problem yang akan timbul terkait fasilitas yang memadai seperti peserta didik yang kurang mampu sehingga kesulitan membeli laptop atau smartphone. Maka kebijakan seharusnya juga memperhatikan hal tersebut. Selain itu pemerintah juga harus memastikan bahwa setidaknya internet tersedia di daerah-daerah yang sekiranya belum terjangkau sinyal internet. 

Pada akhirnya, pandemi ini akan merubah model pendidikan kearah digitalisasi yang dapat diterapkan dengan penyesuaian tertentu tanpa mennyampingkan hal-hal yang perlu diperhatikan lebih teknis, misalnya dampak dan kelemahannya. Di sisi lain tuntutan peran terhadap peserta didik diharapkan mampu membawa perubahan kearah yang lebih positif di tengah situasi seperti ini. Sudah saatnya kita berkolaborasi dalam memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih melek teknologi mengikuti perkembangan zaman.

Tidak ada komentar untuk "Transformasi Digitalisasi Dunia Pendidikan di Era Pandemi Covid-19"