Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar Dasar Menjadi Public Speaker Yang Baik

Pengertian Public Speaking Secara umum  adalah kemampuan berbicara di depan orang banyak. Kemampuan berbicara di depan umum ini lebih merupakan keterampilan, Sebagai sebuah keterampilan tidak akan pernah datang begitu saja kepada pelakunya, akan tetapi, butuh sebuah proses. Dengan kata lain, kemampuan berbicara di depan umum ini akan semakin lancar dan berhasil apabila sobat kampus terus berlatih untuk menyempurnakannya.

Menjadi Pembicara Publik Yang Baik
Dalam proses menjadi public speaker yang baik, ada beberapa syarat utama yang harus diperhatikan yaitu :

Melatih Mental Ini menjadi penting ketika kita menjadi seorang pembicara public karena ini yang akan membentuk karakter dalam perjalanan kita menjadi public speaker yang handal. Bagaimana caranya? Mudah saja, dengan menerima diri kita seratus persen atau menerima diri kita sepenuhnya dengan kata lain kita harus menumbuhkan sikap percaya diri. Kalau kita tidak percayadengan diri kita, bagaimana mungkin orang lain akan yakin atau percaya dengan apa yangkita sampaikan.
Beri apresiasi positif terhadap diri kita, ini akan menjadi motivasi dan dampak yang bagus untuk kita dalam menyampaikan pendapat. 

Michael J.Losier yang pernah berkata dalam bukunya yang berjudul The Law Of Attraction (Hukum Ketertarikan) menjelaskan bahwa apabila kita ingin mendapatkan efek yang positif dalam kehidupan kita maka kita juga harus memancarkan gelombang yang positif, karena pada prinsip dasar dari Hukum Ketertarikan adalah mengembalikan gelombang yang kita memancarkan jumlah yang lebih besar ke diri kita, jadi jika gelombang yang kita pancarkan atau hasilkan adalah gelombang positif, efek yang kita dapatkan adalah gelombang yang lebih positif dan begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, berfikir positif menentukan hasil akhir yang baik. 

Yang kedua Memperluas jaringan. Dengan berhubungan dengan banyak orang, kita dapat mengetahui dan memahami memahami secara tepat karakteristik orang yang beragam sehingga kita dapat mengambil pelajaran dari sifat-sifat mereka. 

Hal Yang Perlu dipersiapkan saat Presentasi atau Public Speaking 

1. Penguasan Materi Yang Akan Disampaikan ke audiens 

Penguasaan materi sangatlah penting karena dengan menguasai materi maka ini akan membangun kredibilitas kita dalam penyampaian materi, ketidak siapan dalam penguasaan materi akan menurunkan tingkat kepercayaan audiens terhadap gagasan atau ide yang kita sampaikan.

2. Pengenalan Tempat

Mengenali atau memahami tempat dimana kita akan menjadi pembicara publik sangat penting karena ini menyangkut tentang budaya, kebiasaan, perilaku, atau gaya hidup dari masyarakat disekitarnya.dengan mengenali tempat yang akan kita kunjungi, makaini akan mengurangi resiko kesalahan dalam berkomunikasi.

3. Kenali Siapa Yang Akan Menjadi Audiens Anda

Mengenal audiens juga penting karena ini menyangkut tentang gaya bahasa yang akan digunakan supaya tujuan komunikasi kita mudsh dicerna oleh audiens, sehingga audiens dapat merasakan manfaat dari apa yang kita sampaikan.

4. Persiapkan Penampilan Fisik Yang Maksimal 

Penampilan seorang public speaker sangatlah penting karena itu menghadirkan kesan pertama bagi audiens. Penampilan yang baik akan menimbulkan image yang baik timbul dalam mindset mereka begitu pula sebaliknya sehingga penampilan yang baik merupakan harga mati bagi seorang public speaker.

Problem yang sering dihadapi Public Speaker

1. Gugup / Nervous

Sikap ini wajar bagi pemula bahkan public speaker yang sudah mempunyai jam terbang tinggipun terkadang juga mengalaminya. Jadi jangan menyerah terlebih dahulu karena public speaker handal juga pernah mengalaminya, biasanya perasaan ini menimbulkan rasa ketakutan akan kesalahan yang berlebihan. Untuk menghindari ini dapat di lakukan trik pemanasan diawal seperti senam muka, meminum air putih yang cukup agar otak bisa merasakan fresh, ketika sudah tampil hal ini dapat diatasi dengan mengambil nafas dalam-dalam lalu mengeluarkannya dalam beberapa detik.

2. Blank

Ini merupakan efek dari perasaan gugup, kurang latihan dan kurang tenang saat menyampaikan sehingga membuat masalah ini timbul. untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara lebih banyak latihan di awal sebelum tampil dan tetap bersikap tenang.
 

 3. Tidak Diperhatikan

Biasanya audiens akan merasa malas untuk memperhatikan ketika pembicara berbicara secara bertele tele dan membicarakan hal-hal yang tidak penting untuk audiens atau audiens merasa bosan dengan materi yang disampaikan. Untuk menghindari itu cobalah mencari ilustrasi-ilustrasi yag menarik untuk mencairkan suasana atau menyelipkan komedi saat menyampaikan.

4. Slide Presentasi Yang Kurang Menarik

Slide presentasi merupakan salah satu sarana untuk membantu pembicara dalam menjelaskan ide atau gagasan yang akan disampaikan dalam bentuk visual, sehingga akan memudahkan audiens dalam memahami gagasan atau ide yang disampaikan oleh pembicara. Maka dari itu perlu mempersiapkan dan memaksimalkan membuat slide yang baik dan bagus sehingga dapat menarik perhatian audiens. 

5. Memaksakan mengisi pebicaraan

Ketika seorang pembicara mengalami blank maka kebiasaan sebagian orang akan memaksakan untuk berbicara padahal isi materi yang akan disampaikan lupa, sehingga akan menghasilkan kata-kata yang tidak ada hubungannya dengan materi yang seharusnya disampaikan. Untuk itu jika kita mengalami hal ini maka bersikaplah dengan wajar, santai, dan ambillah break sejenak seperti berpura-pura minum atau lain sebagainya untuk mengembalikan ingatan kita. 

Menjadi pembicara publik yang baik dan menarik tidaklah bisa didapat dengan cara instan jadi kita harus berlatih karena ini bukanlah bakat akan tetapi keterampilan seperti pepatah mengatakan. 

“Pembicara yang baik tidak didapat dari bakat, tetapi ditemukan"

2 komentar untuk "Dasar Dasar Menjadi Public Speaker Yang Baik"

  1. Wah, jadi tau nih tentang cara jadi public speaker yang benar,,,

    Terimakasih kak, artikelnya bagus untuk belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapannya semoga bermanfaat 😊

      Hapus