Senin, 21 Agustus 2017

Pentingnya Program Internship/Magang Bagi Mahaiswa


Magang atau internship merupakan salah satu program wajib bagi mahasiswa di beberapa universitas yang ada di Indonesia. Mungkin beberapa dari Anda ada yng belum mengetahui apa itu magang. Magang adalah sebuah kesempatan untuk mahasiswa merasakan dunia kerja yang nyata baik di perusahaan, agency, stasiun televisi, instansi pemerintahan dan banyak lagi peluang.
Sebenarnya seberapa penting sih magang itu? Bahkan magang adalah modal kerja Anda dimasa depan, emang iya?
Berikut adalah beberapa alasan mengapa magang adalah investasi di masa depan Anda:

1) Pengalaman di dunia nyata: Bergabung dengan perusahaan sebagai anak magang memberi Anda kesempatan untuk bekerja langsung di dalam lingkungan profesional. Sebagai anak magang Anda tidak hanya membuat kopi (ini hanya mitos) atau menjalankan tugas, tapi Anda berada di sana untuk mendapatkan pengalaman kerja yang sebenarnya. Magang mengajari Anda lebih banyak tentang jalur karir yang akan Anda kejar. Anggap saja seperti ini - magang adalah cara untuk test drive pekerjaan dan mengeksplorasi pilihan karir yang berbeda.

2) Jaringan: Magang sering memberikan kesempatan untuk menghadiri pertemuan dan acara-acara internal maupun eksternal perusahaan. Berinteraksi dengan para profesional dapat mengenalkan anda dengan koneksi baru, dan belajar bagaimana berkomunikasi dalam lingkungan profesional. Secara pribadi, magang telah memperkenalkan saya ke banyak sumber daya yang berguna dan telah memberikan saya kesempatan untuk memenuhi berbagai kebutuhan profesional di bidang saya. Jaringan telah membantu saya mendapatkan referensi dan mencari peluang pekerjaan baru. Magang bahkan dapat mengenalkan Anda dengan mentor profesional.

3) Resume/CV Builder: Sebagai mahasiswa saya tahu pentingnya resume yang kuat. Tanpa resume yang solid, maka akan lebih sulit untukditerima di Perusahaan impian Anda. Bagaimana Anda bisa memiliki resume yang kuat tanpa pengalaman apapun? Magang merupakan kunci untuk membangun pengalaman sebagai mahasiswa atau lulusan baru. Recruiter akan lebih mungkin mempekerjakan seseorang dengan pengalaman magang daripada seseorang dengan resume generik dan kurang pengalaman.

4) Manajemen Waktu: Sebagai anak magang Anda akan menjadi master manajemen waktu. Ketika Anda bekerja dalam lingkungan profesional serba cepat yang perlu Anda ketahui setiap hitungan menit, manajemen waktu sangat penting dalam setiap keadaan. Baik ketika Anda menghadiri pertemuan, menyelesaikan tugas pada tenggat waktu, membuat panggilan telepon, maupun tugas-tugas lainnya.

5) Pondasi Karir: Magang menyediakan Anda dengan blok bangunan yang Anda butuhkan untuk masa depan Anda. Banyak kesempatan magang membantu mengatur pondasi bagi karir Anda. Penting diingat bahwa Anda memilih lowongan magang berdasarkan minat dan prospek karir. Sebagai Anak magang Anda memiliki kesempatan lebih besar diterima oleh perusahaan. Perushaaan sering menggunakan magang sebagai alat rekrutmen untuk menguji karyawan masa depan dan dalam banyak kasus, perusahaan mempekerjakan anak magang setelah lulus.
Itulah beberapa hal penting mengapa Anda sebagai mahasiswa penting untuk melaksanakan program magang.
Selamat Mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar