Sabtu, 05 Agustus 2017

Menjadi Anak ‘Emas’ Dosen

Menjadi mahasiswa disebuah perguruan tinggi entah itu PTN atau PTS, mengenal dosen bahkan dekat dengan dosen adalah sesuatu yang wajib. Bukan maksut carmuk atau cari muka, namun jika Anda mampu dekat dengan dosen akan banyak kemudahan yang Anda dapatkan. Kemudahan jika dekat dengan dosen adalah mudah mendapatkan rekomendasi dari dosen jika sedang mendaftar beasiswa, mendapat pengalaman dan wawasan dari dosen, bisa diajak untuk mengerjakan proyek dosen. Proyek dosen ini biasanya penelitian atau semacamnya, nah dari proyek ini Anda bisa mendapat uang saku tambahan. Lumayan kan? Jadi mulai sekarang perhatikan tips dibawah ini, agar Anda bisa menjadi anak ‘emas’ dosen.

Mengenal
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenak siapa sih dosen tersebut? kenal disini bukan hanya sekedar tau nama saja ya, tapi mengetahui nomer hp (ini harus di simpan), alamat rumah, riwayat pendidikan, proyek yang pernah dikerjakan serta karakteristik dari dosen itu sendiri. Jika Anda sudah mengenal dosen dosen tersebut dari informasi yang kalian dapat, maka Anda akan dengan mudah mencari celah untuk benar-benar dekat dengan beliau.

Aktif di Kelas
Sebelum kelas dimulai usahakan Anda sudah mempelajari materi terlebih dahulu. Ketika Anda sudah memahami materinya, maka Anda akan mudah memahami ketika dosen menerangkan di kelas, mampu menjawab ketika dosen bertanya dan mampu memberikan pertanyaan yang relevan terhadap dosen. Aktif dikelas disetiap mata kuliah dosen bersangkutan membuat Anda sangat mudah untuk di ingat, jangan lupa menyebutkan nama Anda ketika berpendapat atau mengutarakan pertanyaan.

Mengerjakan Tugas dengan Baik
Tugas adalah sesuatu hal yang tidak luput dari Anda ketika menjadi mahasiswa. Kerjakanlah tugas yang sudah diberikan dosen dengan baik dan sempurna,perhatikan setiap instruksi yang diberikan oleh Dosen Anda. Catatan atau power point materi dari dosen bisa menjadi acuan dalam mengerjakan namun Anda harus tetap mecari referensi dari buku lain atau jurnal. Semakin banyak referensi yang Anda gunakan, maka semakin baik pula pekerjaan Anda. Dosen akan selalu mengingat mahasiwanya yang rajin dan pintar dalam mengerjakan tugas serta ujian.

Ikut Proyek Dosen
Biasanya dosen selalu memiliki proyek entah itu penelitian atau proyek diluar kampus, nah dosen juga memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengikuti proyek beliau. Manfaatkan kesempatan ini untuk dekat dengan dosen selain nantinya Anda juga akan mendapat uang dari proyek tersebut.

Diskusi
Dosen sangat senang jika ada mahasiswanya yang sering mengajak untuk diskusi atau sekedar bertanya mengenai mata kuliah. usahakan Anda sering bertanya pada dosen diluar jam kuliar tentunya pembahasan yang relevan dengan mata kuliah ya, serta sesekali lakukanlah diskusi untuk saling bertukar wawasan dengan dosen.
Jangan Mengecewakan
Terakhir, jangan pernah mengecewakan dosen dalam hal apapun, seperti terlambat masuk kelas, terlambat mengerjakan tugas, ujian jelak atau tugas hanya sekedar copy paste. Ketika dosen sudah kecewa pada Anda maka jangan harap untuk bisa dekat dengan dosen tersebut.

Lakukan tips diatas agar Anda menjadi anak emas dosen, karena menjadi anak emas dosen memiliki banyak keuntungan bagi karir Anda dunia perkuliahan, selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar