Rabu, 02 Agustus 2017

Mahasiswa Baru , Jangan Ragu!

Bulan Agustus ini merupakan bulan bagi mahasiswa baru untuk melaksanakan ospek di tingkat universitas, tidak melulu bulan Agustus, namun bisa dibilang mulai pada bulan Agustus. Jika mitos di masyarakat bahwa mahasiswa baru adalah “cupu” mungkin perlu diubah, karena sudah bukan saatnya sekarang menjadi mahasiswa baru itu cupu dan ragu. Ragu untuk berkenalan dengan senior, ragu mengikuti kegiatan dan beberapa keraguan lainnya. Bagi Anda mahasiswa baru perlu perhatikan beberapa hal dibawah ini agar momen menjadi mahasiswa baru mu tidak ada kata ragu!

Manfaatkan Momen Ospek
Orientasi mahasiswa baru atau yang sering disebut dengan Ospek, terkadang membuat mahasiswa baru “takut” karena ospek terkenal dengan perploncoan dan pemberian tugas dari senior yang begitu banyak dan susah. Tenang, hilangkan sugesti dan pikiran-pikiran negatif Anda mengenai Ospek. Manfaatkan momen Ospek sebagai kesempatan untuk mencari teman baru dan berkenalan dengan senior, jadi jangan ragu untuk bertanya dan “sok akrab” dengan senior.

Banyak Bertanya dengan Senior
Ingat bagaimanapun juga senior Anda lebih dahulu berada di tempat Anda kuliah sekarang, lebih memiliki banyak pengalaman daripada Anda. Banyaklah bertanya pada senior mulai dari mata kulih, buku referensi, kebiasaan dosen, kegiatan UKM sampai dengan tempat nongkrong. Ini akan memudahkan kehidupan kamu di Universitas.

Maksimalkan Belajar di Semester Awal
Biasanya di semester awal perkuliahan ini, kegiatan Anda sebagai mahasiswa baru belum banyak, jadi maksimalkan kesempatan ini untuk mengejar nilai. Hal ini sangat membantu Anda ketika di semester-semester selanjutnya Anda sudah disibukkan dengan jadwal kegiatan yang sangat padat serta mengganggu kegiatan perkuliahan Anda.

Mencari Tahu Info UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)
Mengikuti UKM bukan hal yang wajib memang, tapi sangat disarankan untuk mengikuti salah satu UKM. UKM menjadi wadah belajar Anda selain di kelas saat dosen menjelaskan mata kuliah, selain itu Anda juga akan mendapat banyak teman. Maka dari itu, mulai dari saat Anda menjadi mahasiswa baru jangan ragu unutk mencari-cari informasi mengenai UKM yang ada di kampus Anda walaupun belum saatnya untuk pendaftaran anggota baru.

Diatas sudah kami jelaskan mengenai mahasiswa baru yang harusnya jangan ragu, mahasiswa baru harus berani untuk memulai dan berani untuk mencari informasi. Jika Anda ragu, kerugian yang akan banyak Anda dapatkan. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar