Kamis, 03 Agustus 2017

Kehidupan SMA Vs Kehidupan Kuliah

“Tiada masa paling indah, masa masa di sekolah” ini bacanya jangan pakai nada nyanyian ya, Anda pasti sering dengar orang bilang “Masa paling indah itu masa remaja di SMA” “ SMA itu asik, seru dan tak terlupakan”, yap memang benar masa SMA adalah masa yang indah di usia remaja Anda, tapi tunggu dulu ada masa indah lainnya yang siap menyambut Anda di usia “dewasa”, apakah itu? Masa yang akan Anda lalui setelah SMA tentunya, yaitu kuliah. Ibaratnya dunia SMA itu adalah sedikit modal untuk kehidupan kuliah, loh kok sedikit? Tenang, jangan pada penasaran.

Artikel ini akan membahas perbedaan kehidupan SMA dan kehidupan Kuliah, mulai dari pelajaran di dalam kelas dampai dengan kehidupan sosial yang mengiringinya.

Pertama, membahas mengenai pelajaran/mata kuliah. Jika di SMA semua mata pelajaran sudah diatur oleh sekolah dan kita wajib untuk mengikuti mata pelajaran tersebut, maka di kuliah beda 180 derajat, di dunia perkuliahan disebut dengan mata kuliah. Dimana mata kuliah ini bebas kita pilih mana saja yang ingin kita ambil di semester tersebut, atau kita ingin menunda mengambilnya atau bahkan kita ingin mata kuliah yang seharusnya kita ambil tahun berikutnya. Tapi semua yang kita ambil tersebut memiliki konsekuensinya masing-masing ya.

Kedua, keadaan kelas. Di SMA kelas Anda berisi 30-40 siswa di setiap kelas, dan jumlah tersebut tidak akan betubah, begitupun teman-teman Anda pasti itu-itu saja. Menerapkan sistem moving class, sistem perkuliahan tidak mengaharuskan kita untuk berada dikelas yang sama dengan teman satu angkatan kita setiap harinya. Teman satu kelas Anda akan berbeda setiap mata kuliah, bahkan Anda juga bisa satu kelas dengan senior Anda yang mengulang mata kuliah atau memang baru mengambil mata kuliah tersebut.

Ketiga, peran guru/dosen. Guru di SMA merupakan beliau yang sangat perhatian dengan siswanya, karena setiap hari pasti diabsen panggil, PR di cek dan ketika ada salah satu murid tidak masuk/bolos akan diwawancarai di kemudian hari. Begitu juga dengan ulangan/ujian dan remidi, jika ada salah satu murid yang belum ujian maka guru akan mencari murid terebut untuk melaksanakan ujian susulan. Sedangkan di kuliah, Dosen tidak peduli sama sekali dengan Anda,dalam artian jika Anda bolos beberapa kali, tidak ikut ujian, tidak membuat tugas, dosen tidak akan mengambil pusing dengan susah-susah mencari Anda, intinya di dunia kuliah Andalah yang membutuhkan dosen dan akan sering mencari-cari dosen.
Keempat,Unit Kegiatan Mahasiswa/ Ekskul. Setiap SMA pasti memiliki ekskul, namun berbeda dengan SMA ekskul yang ada di kuliah(UKM) ini lebih memiliki variasi kegiatan jadi lebih banyak pilihan bagi minat dan bakat Anda. Mulai dari UKM akademik seperti penelitian, debat sampai non akademik seperti pecinta alam, BEM, DEMA, UKM musik, oalhraga dan masih banyak lagi UKM yang ada.

Kelima, kehidupan sosial. SMA memiliki kurikulum yang mengharuskan Anda berada di sekolah dari pukul 7 sampai 2 siang atau bahkan jam 5 sore bagi yang fullday school. Jam yang tidak felksibel tersebut akan membatasi kehidupan sosial Amda seperti nongkrong dan main yang hanya bisa dilakukan waktu weekend. Kuliah memberikan waktu yang lebih fleksibel bagi Anda karena jadwal kuliah yang tidak terlalu padat dan mengharuskan Anda selalu berada di dalam kelas seperti SMA, namun terkadang tugas kuliah dan kuliah lapangan cukup menyita waktu Anda, sehingga waktu bermain berkurang.

Banyak perbedaan kehidupan di SMA dan kehidupan kuliah, namun intinya adalah semakin dewasa Anda, peran Anda dalam mengatur hidup Anda, dalam menentukan keputusan semakin besar. Dunia kuliah memang lebih bebas, namun disini ada tantangannya tentang bagaimana mengatur waktu Anda demi masa depan yang lebih baik. Bagi Anda yang baru akan memasuki dunia perkuliahan, silahan dipersiapkan semuanya dengan matang dan jangan terlena dengan kebebasan hidup Anda.

Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar