Jumat, 04 Agustus 2017

Kehidupan Kuliah Vs Kehidupan Kerja

Artikel sebemulnya kami sudah membahas mengenai kehidupan SMA vs kehidupan kuliah, selanjutnya pada artikel ini mami akan membahas mengenai perbandingan kehidupan kuliah dengan kehidupan kerja. Banyak orang mengatakan bahwa ketika Anda sudah memasuki duni kerja, berarti Anda sudah menjalani kehidupan yang “sesungguhnya” kehidupan yang keras. Kenapa benayak orang berbicara seperti itu? Mari kita buktikan dengan membandingkan kehidupan kuliah dengan kehidupan kerja.

Pertama masalah ideologi, semasa kuliah seorang mahasiswa adalah ia yang memiliki semangat tinggi, ingin merubah dunia serta memiliki ideologi yang sangat tinggi. Ideologi mahasiswa ini pasti di pertahankan sebagai prinsip hidup. Berbeda dengan ketika Anda memasuki dunia kerja. Di dunia kerja semua tergantug pada atasan Anda atau tergantung pada klien Anda. Apa yang menurut Anda bagus untuk dieksekusi dalam pekerjaan,namun atasan atau klien tidake menyetujuinya, maka ide bagus Anda tetap akan terabaikan. Karena semua berada ditangan Bos Anda.

Kedua, kebebasan berpakaian. Jika Anda bekerja di instansi resmi pemerintahan ataupun bekerja kantoran, maka kantor memiliki peraturan agar karyawannya memakai pakaian yang rapi dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki. Selain itu ada juga peraturan-peraturan kantor yang sangat ketat dan Anda wajib untuk mengikutinya, jika tidak maka akan ada konsekuensi yang akan Anda dapatkan. Berbeda kan ketika di kuliah? Anda bebeas memakai baju, memang ada yang mengharuskan memakai kemeja atau baju berkerah namun ada juga yang membebaskan mahasiswanya dalam berpakaian yang penting rapi.

Ketiga, waktu. Waktu disini artinya adalah kedisiplinan, jika Anda telat maasuk kantor semenit saja pasti atasan Anda akan memanggil Anda yang kemudia memberi Anda SP(Surat Peringatan) dan parahnya jika Anda sering terlambat, maka tidak heran jika Anda dipecat dari pekerjaan Anda. Kehidupan kuliah,jika Anda terlambat tidak ada yang akan menghukum Anda apalagi mengelurkan Anda dari kelas.

Keempat, uang. Yap uang, inilah yang sangat membedakan kehidupan Anda semasa kuliah dan bekerja. Jika Anda bekerja pasti orang tua Anda menganggap Anda sudah mampu untuk membiayai hidup Anda sendiri, begitupun dengan Anda pasti akan merasa malu untuk meminta uang kepada orang tua jika uang gaji Anda tidak cukup untuk hidup selama sebulan. Enaknya di kuliah, biaya hidup Anda masih ditanggung semuanya oleh orang tua Anda, jika uang Anda habis maka dengan mudahnya Anda meminta uang kepada orang tua Anda.

Kelima, teman. Pertemanan di kantor tidak seasik pertemanan yang Anda jalin di masa perkuliahan. Jelas berbeda, rekan kerja Anda hanya murni rekan kerja, memang ada satu atau dua yang bisa menjadi teman nongkrong, tapi disini Anda dan rekan Anda sama-sama sibuk memikirkan kerja dan memikirkan kehidupan masing-masing. Kuliah, pertemanan kalian lebih asik, karena sering belajar bersama, mengerjakan tugas, main, organisasi sampai dengan setiap hari bersama karena mungkin memang satu kelas, satu organisasi dan satu kos.

Itulah lima perbedaan kehidupan kuliah dengan kehidupan kerja. Semua ada positif negatidnya memang, namun begitulah hidup harus terus bergerak dan berubah. Tidak mungkin Anda selalu berada di suatu fase, ini berarti Anda tidak berkembang. Maka dewasalah untuk menerima perubahan dan siaplah untuk menghadapi dunia yang keras ini. Semangat!

0 komentar:

Posting Komentar