Selasa, 01 Agustus 2017

Eksis di Sosial Media, Pentingkah?

Selamat datang di generasi Z! Generasi melek tekonologi, generasi yang sangat akrab dengan gadget. Sebelum membahas media sosial, lebih dahulu kami akan membahas mengenai teori generasi. Ada 4 jenis generasi yaitu Generasi Baby Boomer, Generasi X, Y dan Z. Singkatnya perbedaan ke 4 generasi tersebut adalah dari tahun lahir dan lingkungan yang membangunnya.

Sampailah Anda pada era generasi Z. Era dimana generasi net atau generasi internet.Gen Z memiliki kesamaan dengan Gen Y, tapi mereka mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset. Apapun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya.

Sejak kecil mereka sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka. Termasuk dengan penggunaan sosial media dan peran mereka di dalam dunia tersebut.

Sosial media memang banyak jenisnya mulai dari Facebook, Twitter, Pinterest, Path, Snapchat, Instagram daln lain sebagainya. Banyak orang berlomba-lomba eksis di sosial media, namun sebenarnya pentingkah kita untuk eksis di sosial media atau dunia maya? Jawabannya adalah seperti dua sisi mata pisau, tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Eksis di sosial media, ini berarti siap siap Anda harus sering show up ke sosial media Anda entah tentang kehidupan pribadi Anda atau hal yang ingin Anda citrakan tentang diri Anda di Sosial Media. Jika And berhasil untuk eksis di sosial media denga konten positif ya tentunya, maka Anda akan mendapat keuntungan memiliki banyak relasi dan juga mempunyai kesempatan endorse barang jualan dengan fee yang menarik pula. Seirirng berjalannya waktu Anda akan dikenal sebagai artis sosial media yang kemungkinan dilirik oleh dunia entertaiment. Ini yang terjadi jika Anda mampu mengelola sosial media dengan baik.

Ada resiko juga ketika Anda eksis di sosial media, salah satunya adalah tentang jatidiri Anda, dimana Anda akan mencoba berubah menjadi orang yang disukai publik, bukan menjadi diri Anda sendiri. Selain itu, kehidupan pribadi Anda akan mulai terusik oleh komentar-komentar netizen yang bebas berkomentar sesuka mereka. Maka belajarlah untuk tidak memikirkan apa yang dikatakan netizen.
Bagaimana? Menurut Anda sendiri pentingkah kita eksis di sosial media?. Intinya pandai-pandailah mengikuti arus generasi Z sekarang ini, jangan terlalu mengikuti arus namun jangan terlalu menjauhi arus.

0 komentar:

Posting Komentar