Sabtu, 29 Juli 2017

Tips Makan Hemat Tetap Sehat

Bagi anak kos persoalah makan ini sudah menjadi rahasia umum jika makan itu bukan tentang sehat tetapi tentang kenyang dan murah. Tak jarang anak kos ini sering terkena sakit maag, baik maag biasa sampai maag yang sangat akut. Keadaan tersebut bisa dihindari dengan memakan makanan sehat, 4 sehat 5 sempurna. Sebenarnya makan sehat itu tidak harus 3 kali makan dalam sehari, namun disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Kami sudah merangkum beberapa tips makan hemat tetap sehat.

1.Planning
Perencanaan yang dimaksut disini adalah perencanaan anggaran belanja. Rencanakan diawal bulan atau mingguan jika Anda ingin belanja mingguan untuk bahan makanan tertentu. Anggaran belanja ini sebagai pembatas Anda, agar ketika belanja di supermarket tidak membeli barang barang yang memang tidak ada dalam rencana awal.

2.Memasak Sendiri
Banyak keuntungan yang Anda dapat ketika memasak sendiri, selain lebih hemat juga sehat. Anda sendiri yang menentukan bahan-bahan apa yang menjadi campuran dari masakan Anda, apakah ingin menggunakan micin atau tidak? Sedangkan jika Anda makan di restoran tidak akan mengetahui komposisi dari makanan yang Anda makan.

3.Bahan makanan musiman
Anda harus mulai mencari tahu musim-musim dari bahan makanan, seperti musim cabe, bawang merah, buah dan lainnya. Makanan musiman ini harga nya akan lebih murah jika Anda membeli ketika sedang musimnya, jadi mulai perhatikan musim agar Anda bisa lebih menghemat.

4.Stop Junk Food
Kebiasaan anak muda, gemar memamkan makanan cepat saji/fast food/junk food. Selain mahal makanan tersebut juga tidak sehat bagi tubuh Anda.

5.Ganti Daging dengan Protein Lain
Protein merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, oleh karena itu setiap hari kita harus mengkonsumsi protein. Tidak harus daging, Anda juga bisa mengkonsumsi protein dari tempe, tahu dan kedelai.

6.Sedia Susu dan Vitamin
Susu merupakan sumber kalsium, Anda bisa membeli nya dalam satu kotak besar untuk persediaan satu bulan, ini lebih murah daripada Anda harus membeli susu sachet atau susu kotak. Vitamin, vitamin ini bisa dalam bentuk tablet atau sirup.
Sehat itu mahal harganya, maka dari itu kita harus menjaga kesehatan tubuh kita setiap hari. Mulai dari memakan makanan sehat sampai dengan olahraga rutin. Selain itu kita juga harus menjaga pola tidur, kurangi begadang karena tidak baik bagi kesehatan. Tetap jaga kesehatan Anda!

0 komentar:

Posting Komentar