Senin, 31 Juli 2017

STOP Jadi Deadliner!

Kata-kata deadline dan deadliner pasti sudah tidak asing lagi di kehidupan Anda, apalagi kehidupan perkuliahan mahasiswa. Deadline adalah batas waktu, batas waktu yang diberikan Dosen dalam mengerjakan tugas sedangkan deadliner adalah orang yang mengerjakan sesuatu hal mepet dengan batas waktu pengerjaannya. Mungkin Anda salah satu orangnya, jika iya segeralah Anda mengubah pola tersebut. Banyak kerugian yang Anda dapat jika Anda menjadi seorang deadliner.

Dalam hati Anda pasti berkata “bagaimana lagi saya terlalu sibuk” atau “semangat mengerjakan tugas itu datangnya dekat deadline, karena terpaksa jadi ide itu muncul”. Dua hal tersebut memang benar, namun coba Anda pikirkan kembali apakah memang Anda yang terlalu sibuk atau Anda yang kurang pintar dalam membagi waktu?. Jika Anda tetap menjadi deadliner, berikut ini hal yang pasti akan Anda rasakan.

Pertama, pekerjaan Anda tidak maksimal. Jelas tidak maksimal karena persiapan yang kurang, materi yang kurang, buku referensi kurang, alhasil tugas Anda “seadanya”. Padahal teman-teman Anda yang lain memiliki referensi yang lengkap, dari mulai buku, jurnal dan sumber teori lainnya. Bagaimana dengan nilainya? Tentang nilai, ini tergantung Dosen Anda. Tapi ingat kuliah bukan tentang nilai, tetapi proses kita mendapatkan nilai dan juga ilmu yang kita serap.

Kedua, panik. Semakin Anda mengerjakan tugas mendekati deadline, semakin panik Anda. Kepanikan ini akan mempengaruhi Anda dalam mengerjakan tugas dan tentu hasilnya. Ditambah Anda melihat teman yang lain sudah selesai. Menjadi deadliner ini merupakan salah satu penyebab para mahasiswa mengalami depresi masalah perkuliahan.

Ketiga, kesehatan Anda. Hey, tubuh Anda bukan robot yang bisa tanpa istirahat, bisa tetap bekerja tanpa tidur. Perhatikan kesehatan Anda, jika Anda sering menjadi deadliner, mengerjakan tugas sampai tengah malam dan tidak tidur maka semua tu akan berdampak pada kesehatan Anda. Padahal keesokan harinya, Anda harus menjalani kegiatan seperti biasanya, jangan sampai daya tahan tubuh Anda menurun dan lebih parahnya Anda jatuh sakit.

Tiga hal diatas adalah kerugian yang Anda dapatkan jika menjadi deadliner, maka mulai dari sekarang cobalah untuk mengatur ulang jadwal-jadwal Anda. Sibuk bukan menjadi alasan, karena didunia ini tidak ada orang yang sibuk. Semua ini tentang prioritas. Yakin kuliah kamu bukan menjadi priotitas? Renungkan!

0 komentar:

Posting Komentar