Kamis, 27 Juli 2017

Mahasiswa Kura-Kura atau Mahasiswa Kupu-Kupu?


Hari pertama ketika kita menjadi mahasiswa baru, seharusnya itu merupakan awal kita untuk menentukan ingin menjadi mahasiswa apa kita nantinya. Mahasiswa kupu-kupu atau mahasiswa kura-kura? Mahasiswa kupu-kupu adalah sebutan untuk mereka mahasiswa kuliah-pulang-kulaih-pulang, artinya ia tidak mengikuti organisasi apapun di kampus maupun diluar kampus. Sedangkan mahaiswa kura-kura adalah sebutan untuk mereka mahaiswa kuliah-rapat-kulah-rapat, artinya mahasiswa tersebut mengikuti organisasi baik dalam maupun luar kampus. Lalu apa perbedaan dari keduanya?

Perbedaan mahasiswa kupu-kupu dan mahaiswa kura-kura adalah dilihat dari kegiatannya. Si mahasiswa kupu-kupu ini hanya berfokus pada kuliahnya saja, sehingga memutuskan untuk tidak mengikuti organisasi sama sekali, hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyak hal salah satunya adalah mereka ingin cepat lulus dan mendapatkan predikat cumlaude. Berbeda dengan si kupu-kupu, si kura-kura ini merupakan seorang aktivis yang minimal mengikuti satu organisasi, sehingga dia sering mengikuti rapat untuk orgaisasinya, salah satu alasan si kura-kura adalah ingin memiliki pengalaman dan memiliki relasi sebanyak mungkin diluar kelasnya.

Anda pasti mempertanyakan keuntungan dan kerugian dari keduanya. Saat kita mengambil sebuah keputusan, hal positif maupun negatif secara otomatis mengikutinya. Ketika Anda memutuskan menjadi mahasiswa kupu-kupu, maka kelebihannya dan kekurangannya adalah sebagai berikut.

Kelebihan
1.Fokus Kuliah
Mahaiswa kupu-kupu mempunyai banyak waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas dari dosen. Ia lebih terfokus pada kuliah dan lulus cepat dengan predikat cumlaude
2.Banyak waktu luang
Memiliki banyak waktu luang siapa yang tidak mau? Memiliki waktu untuk belajar, bermain bersama teman, berkumpul dengan keluarha dan mengembangkan hobi-hobi yang dimilikinya
3.Kerja Part Time atau berwirausaha
Disela-sela kegiatan kuliah, si kupu-kupu ini bisa memulai bisnis baru ataupun bekerja paruh waktu untuk orang lain.

Kekurangan
1.Relasi terbatas
Karena hidupnya hanya dihabiskan untuk kuliah saja, maka teman yang didapat oleh si mahasiswa kupu-kupu ini sangat terbatas, terbatas teman kuliah mungkin.
2.Kurang mendapat informasi
Informasi seputar kuliah dan semua kegiatannya bisa didapatkan dari mana saja, bisa dosen, teman lainnya atau papan pengumuman. Karena si mahasiswa kupu-kupu ini kurang mempunyai relasi maka terkadang dia kesulitan dalam mendapatkan informasi
3.Kurang memperhatikan lingkungan sekitar
Mahasiswa kupu-kupu biasanya bersifat apatis atau tidak memperdulikan lingkungan sekitar, karena menurut mereka itu semua bukan urusan dia, hal ini kurang baik.
4.Soft skill kurang terasah
Soft Skil merupakan kemampuan yang dapat diasah seiring berjalannya waktu dengan berbagai permasalahan yang dihadapi. Soft skill ini seperti kecepatan dalam menyelesaikan masalah, komunikasi yang baik, proses menahan emosi dalam diri dan lain sebagainya. Soft skill ini hanya kan didapat jika ia terbiasa hidup dengan orang banyak dan dengan bayak permasalah pula, yang terpenting soft skill ini tidak didapatkan di bangku perkuliahan.

Selain kekurangan dan kelebihan mahasiswa kupu-kupu, kami juga akan menuliskan mengenai kelebihan dan kekurangan mahasiswa kura-kura
Kelebihan
1.Meningkatkan soft skill
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, soft skill merupakan modal kita dalam hisup bermasyarakat dan menghadapai masalah. Orang yang biasa hidup berorganisasi akan terbiasa pula berkomunikasi dengan orang banyak, bekerja dalam tim, belajar mengolah emosi diri dan mampu bekerja dalam tekanan. Organisai mengajarkan semua itu untuk meningkatkan soft skill Anda
2.Banyak memiliki relasi
Organisasi mempertemukan kita dengan orang-orang hebat, sehingga kita memili relasa pertemanan yang luas tidak hanya terdiri dari teman kelas atau jurusan saja. Relasi ini menguntungkan kita dalam banyak hal, salah satunya sumber informasi.
3.Memiliki tempat bertanya
Relasi yang kita dapatkan dalam organisasi dapat pula kita manfaatkan untuk menjawab pertanyaan yang ada dibenak kita. Mereka teman-teman kita pasti memiliki jawaban yang berbeda sehingga wawasan kita menjadi bertambah.
4.Modal Kerja
Banyak perusahaan yang mempertimbangkan pengalam organisasi dari si pelamar pekerjaan. Karena orang yang mempunyai pengalaman dalam organisasi dipastikan memiliki nilai plus dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikuti organisasi

Kekurangan
1.Tidak Fokus Kuliah
Si Mahasiswa kura-kura dipastikan adalah mahasiswa yang sibuk, jadi jikaia tidak pandai mengatur waktunya, pasti kegiatan kuliahnya akan terbengkalai.
2.Tidak memiliki banyak waktu
Banyak waktu yang dimiliki mahasiswa kura-kura tersita untuk organisasinya, sehingga dia tidak memiliki banyak waktu untuk main bersama teman, berbincang-bincang dengan teman sekelas, berkumpul bersama keluarga dan kurang waktu untuk istirahat.
3.Kurang bergaul dengan teman satu kelas
Karena kesibukannya di organisasi, membuat mahasiswa kura-kura kurang memiliki waktu utuk sekedar bercengkrama dengan teman satu kelasnya, sehingga ia hanya memiliki segilintir teman saja di kelas.

Itu dia penjabaran mengenai mahasiswa kupu-kupu dan mahasiswa kura-kura. Ingat setiap keputusan yang Anda ambil memiliki konsekuensinya masing-masing, jadi bagaimana mau menjadi mahasiswa kupu-kupu atau kura-kura?

0 komentar:

Posting Komentar