Selasa, 14 Maret 2017

Trik Agar Tetap Semangat Selesaikan Skripsi

Apakah saat ini kamu sedang mejadi pejuang skripsi? Atau baru memulai? Skripsi atau tugas akhir merupakan sebuah karya atau penelitian yang harus disiapkan seorang mahasiswa agar dapat mengakhiri masa studi dan wisuda. Banyak mahasiswa menganggap skripsi sebuah hal yang menakutkan. Bagi sebagian mahasiswa mengerjakan skripsi adalah hal yang sulit dan penuh perjuangan. Mulai dari mempertimbangkan tema, topik, bahan penelitian hingga dosen pembimbing yang tidak koperatif.
Selain itu rasa malas dan banyaknya godaan di sekitar mahasiswa juga menjadi pengaruh waktu yang lama ketika mengerjakan skripsi. Bagi anda para mahasiswa yang ingin serius mengerjakan skripsi agar cepat selesai, berikut trik dan tips agar tetap semangat menyelesaikan skripsi dengan baik :

 1. Tentukan Tema dengan kesukaan
Seperti memilih jurusan kuliah, anda harus memdasari hati anda dengan gembira saat memulai pengerjaan skripsi. Anda harus merubah menset jika skripsi bukanlah sebuah beban, melainkan sesuatu yang dapat anda kerjakan dengan senang hati. Maka dari itu mulailah mencari tema yang anda minati. Sebisa mungkin topik tersebut tidak mudah membuat anda bosan, dengan memilih tema yang anda suka akan membuat anda lebih bersemangat saat mengerjakanya.

2.  Tetapkan Tujuan Dari penulisan Skripsi
Buatlah menset anda harus mendapatkan sesuatu yang berharga dari skripsi yang anda buat, selain gelar sarjana, Misalnya, wawasan yang baru atau pengetahuan yang lebih dari tema yang anda buat.

3.   Tempelkan Slip Spp atau Foto Impian

Dengan menempel slip spp, anda dapat mengingat perjuangan orangtua setiap saat. Apalagi spp mahasiswa saat ini tidaklah murah dan justru meningkat setiap tahunya. Selain itu, gambar atau foto impian, seperti cita-cita, pekerjaan, negara impian, atau bahkan foto pacar yang sudah ingin dilamar akan menjadi semacam “alarm” agar anda segera menyelesaikan skripsi.

4.  Menentukan Target Jangka Pendek dan Menengah
Buatlah target kecil yang harus anda penuhi setiap harinya, seperti menulis sebanyak 300-500 kata. Jika perlu anda harus memiliki waktu khusus yang tidak boleh diganggu untuk mengerjakan skripsi. Misalnya jam 18.00-21.00 malam. Untuk Mingguan anda harus menjadwalkan setiap kegiatan penelitian dan konsultasi dengan baik. Apalagi jika anda harus bertemu dengan informan penelitian, tentunya anda tidak bisa mengadakan pertemuan mendadak.
5. Berilah Hadiah dan Hukuman Untuk Diri Sendiri
Setelah menetapkan target, anda bisa anda mendapatkan hadiah jika berhasil menepatinya. Seperti Menonton Bioskop diakhir pekan, atau pergi ke pantai di saat waktu luang. Sebaliknya jika anda tidak bisa memenuhi target yang anda buat, anda harus membuat hukuman, misalnya menyedekahkan uang saku. Yang perlu anda pahami adalah anda tidak perlu ‘menghilang’ dari kehidupan yang biasa. Tapi, anda harus sedikit keras pada diri sendiri dan menggunakan segala kesenangan sebagai motivasi agar cepat selesai.

6.   Bentuk Kelompok Belajar
Jika anda bisa mengumpulkan teman-teman dan berkomitmen untuk berkumpul seminggu sekali, maka anda sekaligus akan memiliki penyemangat dari luar. Anda juga akan merasa tertantang dengan kemajuan yang sudah dicapai teman-teman anda. Jika anda menemukan kesulitan yang berhubungan dengan teori, mereka juga dapat membantu. Sesekali, kalian juga bisa makan malam bersama untuk melepas ketegangan.

7. Yakinlah bahwa “Skripsi” Hanyalah Bagian Kecil dalam hidup
Jika anda merasa kuliah di jurusan yang dipaksa oleh orangtua, anda mengerjakan skripsi yang rumit dan ingin menyerah? Justru segala tekanan tersebut anda jadikan motivasi untuk dapat segera lulus dengan cepat. Siapa tahu sesudah melewati semua tahapan ini, kamu dapat mewujudkan impian yang lain.
Jangan mudah putus asa, dan jadikanlah hidup yang anda inginkan sebagai motivasi terbesar. 
Saya tahu hal yang mudah untuk dikatakan, tapi sulit untuk dilakukan; adalah untuk menikmati setiap hari dalam proses skripsi. Yang paling penting adalah  bayangkan kebanggaan orangtua di hari wisudamu. Hal ini akan memberi energi untuk kembali bersemangat dengan skripsi. Selamat bersenang-senang dengan skripsi! 


0 komentar:

Posting Komentar