Jumat, 24 Maret 2017

Tips Sukses Kuliah Sembari Berbisnis




Kuliah adalah sebuah proses pembelajaran yang mungkin dapat di katakan sebagai tahap akhir di dunia pembelajaran formal. Sebab sesudah kuliah tak ada lagi pembelajaran selain pembelajaran yang non formal. Artinya kuliah hanya di lakukan oleh orang yang sudah berusia di atas 17 tahun dan tentu saja sudah dapat di katakan sebagai orang dewasa. Ketika dalam masa kuliah anda akan disibukkan dengan belajar dan mengikuti berbgai macam organisasi, namun masih ada hal lain yang bisa di lakukan. Dan hal lain tersebut yaitu, berbisnis.

Mencoba 2 aktivitas secara berbarengan memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dimana antara kuliah dan bisnis sama-sama, keduanya penting untuk masa depan. Supaya keduanya bisa berhasil dan sesuai dengan keinginan anda, kita mesti bisa membagi waktu dengan sebaik mungkin.
Memang bila di bayangkan kuliah sembari berbisnis itu cukup berat dan merepotkan, tapi di luar sana banyak mahasiswa yang sukses dan bisa membiayai kuliahnya sendiri dari hasil bisnisnya tersebut. Kali ini kita akan membahas sebagian tips saat anda kuliah sembari berbisnis, mungkin saja sebagian tips di bawah ini bisa berguna bagi anda, mahasiswa di seluruh Indonesia.

Tips Sukses Kuliah Sembari Berbisnis


1. Keduanya Sama-Sama Harus di Prioritaskan

Supaya kuliah dan bisnis sama-sama berhasil maka anda wajib memprioritaskan keduanya dari pada kesibukan lainnya. Keduanya sama-sama penting karena antara kuliah dan bisnis sama-sama penting untuk masa depan anda. Jangan sampai anda lebih memilih untuk memprioritaskan salah satu dari kedua hal tersebut, sebaiknya di seimbangkan keduanya. Kedua hal ini mesti di atas kesibukan yang lain supaya nantinya kuliah lancar dan penghasilan pun juga lancar.
Dalam hal ini anda sebagai mahasiswa akan benar-benar di tuntut untuk memanajemen waktu sebaik mungkin antara kuliah dan bisnis.


2. Cari Bisnis yang Simple Tapi Membuahkan Hasil
Jangan sembarangan dalam memilih bisnis saat kuliah, sebab memilih bisnis yang salah dapat mengacaukan bisnis itu sendiri dan kemungkinan besar juga akan menganggu kuliah anda. Ingat ini bisnis berbeda dengan bekerja, bila bekerja, kita di tuntut bekerja dengan waktu yang sudah di tentukan oleh petinggi perusahaan, maka bisnis merupakan pekerjaan yang kita kerjakan sendiri dan bebas dalam masalah waktu pekerjaan. Ini di karenakan kuliah tak hanya di siang hari, tapi ada juga sebagian universitas swasta yang kuliahnya berada di jam malam.

Beberapa pilihan bisnis dengan waktu fleksibel atau dengan waktu yang bisa kita tentukan sendiri di antaranya yaitu bisnis online,reseller, jual beli online, jasa pengetikan, membuka usaha kecil-kecilan dan lain sebagainya yang sifatnya sampingan.


3. Selalu Berada di Jalan yang Positif

Kuliah adalah masa-masa yang sangat rawan, sebab kebanyakan mahasiswa kuliah di wilayah yang jauh dari tempat tinggalnya. Artinya mahasiswa jauh dari keluarga yang senantiasa mengawasi dan memberi arahan tiap harinya. Hal ini juga yang akhirnya membuat banyak mahasiswa yang salah arah dan terjerumus ke arah yang negatif dan kuliahnya pun gagal. Oleh karena itu usahakan anda senantiasa berada di jalan yang positif.
Salah satu keuntungan berbisnis sambil kuliah yaitu kita akan terhindar dari segala pikiran negative dan senantiasa berada di jalan yang positif, sebab selain kuliah kita juga berbisnis, dengan demikian hampir tak ada waktu luang yang di bisa dihabiskan untuk hal-hal yang bersifat negatif.


4. Jangan Menyerah

Saya rasa apapun yang kita lakukan selama itu baik dan positif kita mesti terus berusaha dan jangan menyerah. Sebelum semua impian dan target tercapai, kita jangan sampai menyerah di tengah jalan.  Sesudah impian itu tercapai, kita mesti berupaya untuk terus meningkatkannya. Memang saat-saat kuliah sembari berbisnis pasti ada saja halangan atau rintangan yang ada.  selama kita terus berupaya, tak menyerah, dan selalu berdoa pada tuhan, kita pasti dapat melalui semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar