Sabtu, 25 Maret 2017

Tips Mengatur Keuangan Untuk Mahasiswa


Seorang mahasiswa harus mengetahui cara untuk membatasi pengeluaran keuangan pribadi , Hal ini sebagai salah satu cara untuk menstabilkan dan memaksimalkan proses belajar di perguruan tinggi. Bagaimanapun juga mengontrol pengeluaran uang merupakan salah satu skill dasar yang perlu dipahami oleh para mahasiswa sebab kegiatan belajar mereka secara langsung juga membutuhkan dana sebagai salah satu penentu keberhasilan meraih prestasi akademik ataupun non akademik.

Mulai dari membayar uang persemester, biaya untuk membeli beragam jenis text book, biaya untuk penelitian, biaya untuk makan, biaya kos , uang makan sehari-hari , bahan bakar untuk kendaraan dan lain-lainnya. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu metode untuk mengontrol  bagaimana uang masuk dan uang keluar dalam dompet. Berikut ini Beberapa Tips Untuk Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa .


1. Tentukan Jumlah Pemasukan/Penghasilan

Langkah permulaan sebagai metode untuk mengontrol keuangan pribadi seorang mahasiswa yaitu dengan membuat dan mendaftar jumlah pemasukan dana. Seorang mahasiswa mesti mendata dari mana saja uang yang didapatkannya. Katakanlah pemasukan yang paling banyak yaitu dari orang tua. bisa juga mendapatkan tambahan dari beasiswa. Atau pemasukan dari hasil kerja sampingan mahasiswa dan juga bisa dari bisnis usaha sampingan mahasiswa. Semuanya ini dicatat dan didaftarkan, serta usahakan untuk bisa mendapatkan pemasukan lainnya. Makin banyak pemasukan tentunya akan makin stabil keuangan seseorang.

2. Catat Jumlah Pengeluaran

Langkah berikutnya yaitu mendata dan mendaftar beragam jenis pengeluaran. Seorang mahasiswa pastinya mempunyai pengeluaran, entah itu berupa uang makan, uang membayar kos ataupun untuk membayar uang semester.


3. Buatlah Agenda Anggaran Pengeluaran Berdasarkan Pemasukan 

Inilah salah satu alasan perlunya mencatat pemasukan dan pengeluaran, yakni dipakai sebagai bahan dalam merancang dan membuat agenda anggaran pengeluaran. Segala macam pemasukan dan pengeluaran keuangan seorang mahasiswa dituliskan kedalam anggaran keuangan sehingga kita akan tau arah pemasukan dan pengeluaran tersebut ke mana saja

4. Memasak Makanan Sendiri

Pengeluaran untuk makan umumnya akan menjadi pengeluaran harian terbanyak. Oleh sebab itulah melatih skill memasak adalah sebuah keuntungan tersendiri bagi seorang mahasiswa. Pengeluaran untuk makan bisa dikurangi apabila seorang mahasiswa memasak makanannya sendiri. Selain itu sebab proses penyiapan bahan dan memasaknya dijalankan sendiri maka akan terhindar dari makanan yang tidak sehat dan tidak higienis.

5. Mengontrol Keinginan Diri Untuk Membuang-buang Uang 

Persoalan “ingin” ini hanya dapat dikontrol dengan pikiran ,pikiran kita harus bisa menilai hal yang positif dan negatif dari tindakan yang akan diambil. Menghambur-hamburkan uang berarti membelanjakan uang atau memakai uang untuk hal-hal yang tak terlalu bermanfaat dan apabila dituruti maka akan lebih keuangan anda akan semakin menipis.


Dengan kata lain, seorang mahasiswa mesti dapat mengontrol keinginannya membelanjakan uangnya untuk hal yang tidak terlalu bermanfaat. Semisal seorang mahasiswa ingin membeli motor baru, tapi uangnya pas-pasan untuk membeli barang tersebut . Adakalanya memang keinginan untuk membeli sesuatu itu sulit dikontrol (khususnya untuk para mahasiswi). Maka dari itu mulai dari sekarang cobalah untuk mengontrol dan membatasi keinginan tersebut agar menjadi penghambat dalam proses kuliah anda.

0 komentar:

Posting Komentar