Jumat, 10 Maret 2017

Pentingnya Kegiatan Ekskul Di Kampus

Mengapa sebuah universitas menyediakan banyak ekstrakulikuler?

Berbeda seperti jaman dahulu, dimana saat kuliah lebih identik dengan prestasi dan gelar, universitas sekarang percaya jika kesejahteraan seorang mahasiswa juga sangat penting. Mahasiswa yang menikmati masa kuliahnya akan menjadi seorang mahasiswa yang lebih produktif dan aktif dibandingkan dengan seorang mahasiswa yang stress karena beban tugas kuliah.

Mengikuti kegiatan eks-kul saat kuliah tidak hanya menambah kesenangan tetapi juga dapat membuka wawasan dan mempelajari macam-macam keahlian yang tidak diajarka  di ruang kelas, tetapi yang nantinya dapat berguna saat kita memasuka dunia kerja.

Dengan mengikuti kegiatan ekskul juga mahasiswa akan terlatih untuk bergaul, bersosialisasi, dan berbaur dengan dunia luar dan budaya-budaya yang berbeda. Terutama penting bagi mereka yang akan masuk dunia kerja yang banyak melakukan interasi dengan orang seperti bisnis dan manajemen.




Itulah sebab mengapa pada jaman sekarang banyak universitas-universitas yang menyediakan berbagai macam  kegiatan ekstrakulikuler, perkumpulan dan klub untuk para mahasiswanya. Universitas mengingkan para mahasiswa  memanfaatkan waktu luang dengan lebih positive. Apalagi di jaman sekarang, dimana dunia kerja lebih menuntut keseimbangan antara pengetahuan dan keahlian praktikal.

Sebuah perusahaan pastinya menginginkan karyawan yang ahli dalam bidangnya, dan memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain, memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, mandiri dan punya rasa inisiatif dan kreatif.

Sebuah universitas tentunya ingin menghasilkan alumni-alumni yang berbobot dan siap terjun di duni kerja. Oleh karena itu, selain memberikan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan terbaru dunia kerja, universitas juga menyediakan berbagai kesempatan bagi para mahasiswa untuk membina keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja.

Beberapa contoh kegiatan ekskul yang dapat di ikuti saat kuliah :

  • ·         Perkumpulan atau organisasi kampus
  • ·         Ekskul olahraga ( Sepak bola, futsal, bola voli dll )
  • ·         Ekskul Seni Musik ( Band, paduan suara dll)
  • ·         Ekskul Bahasa
  • ·         Relawan
  • ·         Kegiatan Multikultural
  • ·         dll

Pilihlah kegiatan ekskul yang sesuai minat karna dapat membantu mengembangkan bakat, membangun persahabatan, melatih kemampuan baru serta menambah jaringan professional. 

0 komentar:

Posting Komentar