Rabu, 29 Maret 2017

Jenis-Jenis Prestasi Saat Kuliah


Prestasi di kampus pada saat kuliah dapat digolongkan menjadi dua macam, yakni prestasi akademik dan prestasi non akademik. Apabila kita merujuk pada Tri Dharma Perguruan Tinggi maka baik itu prestasi akademik ataupun non akademik merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Jadi seorang mahasiswa berprestasi akan dikatakan sempurna prestasinya apabila ia bisa mendapatkan prestasi di bidang akademik dan prestasi di bidang non akademik bersamaan.

Prestasi Akademik

Prestaasi akademik adalah prestasi yang berkaitan dengan bidang disiplin ilmu yang dipelajari secara langsung di Perguruan Tinggi. Prestasi ini berhubungan dengan proses belajar mengajar yang di lakukan kampus tempat mahasiswa kuliah. Berikut ini beberapa contoh prestasi akademik:

1. IPK tinggi

Prestasi akademik dengan mendapatkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi umumnya sudah menjadi suatu tolak ukur utama. Sebab memang IPK tinggi adalah parameter yang bisa dipakai untuk mengukur kemampuan akademis hasil belajar para mahasiswa. Kompetensi seorang mahasiswa di bidang disiplin ilmu yang dipelajarinya secara global terlihat dari IPK yang diperolahnya.

2. Pemenang perlombaan bidang disiplin ilmu

Selain IPK yang tinggi, masih ada satu lagi tipe prestasi akademik lainnya. Prestasi akademik ini yakni pemenang perlombaan dalam bidang keilmuan pada masing-masing jurusan. Semisal pemenang perlombaan rancangan pembangun jembatan dan kekuatan beton bagi para mahasiswa teknik sipil. Pemenang perlombaan design web bagi mahasiswa teknik informatika. Cara untuk mendapatkan prestasi akademik ini salah satunya yaitu mesti perlu bergabung dengan organisasi-organisasi mahasiswa intra kampus yang berkonsentrasi pada pertandingan-pertandingan semacam itu. Sebab yang dikirim menjadi perwakilan lomba umumnya yaitu dari unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang tersebut. Selain itu kakak-kakak angkatan senior juga akan memberikan pengarahan kepada para adik-adik juniornya sebagai salah satu program aktivitas organisasi kemahasiswaan mereka.

Prestasi Non Akademik

Prestasi non akademik adalah prestasi di luar bidang akademik yang secara tak langsung juga menjadi pendukung aktivitas akademik. Tridharma Perguruan tinggi secara umum mencakup mengenai akademik dan non akademik, oleh sebab itu prestasi-prestasi di bidang non akademik juga akan diperhitungkan di lingkungan perguruan tinggi.

1. Pemenang Perlombaan Bagian Aktivitas Mahasiswa

Banyak kejuaraan-kejuaraan seperti kejuaraan dalam bidang olahraga atau teknologi yang pesertanya merupakan para mahasiswa. Umumnya yang dikirim untuk mengikuti pertandingan semacam ini yaitu berasal dari organisasi intra kampus bagian Kegiatan Mahasiswa yang berhubungan dengan perlombaannya. Perlombaan pada Pekan Olah Raga Mahasiswa juga tentunya kemungkinan besar pesertanya merupakan perwakilan dari organisasi mahasiswa bagian kegiatan keolahragaan.


2. Aktif di organisasi mahasiswa (leadership)

Aktif dan terlibat di organisasi mahasiswa adalah prestasi yang tak dapat diremehkan. Mahasiswa yang aktif di organisasi kemahasiwaan akan mempunyai keterampilan dan pengalaman kepemimpinan yang memadai. Apalagi jika mahasiswa tersebut menjadi pengurus harian seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, petugas keuangan, dan ketua organisasi, maka itu adalah suatu nilai tambah bagi kualitas seorang mahasiswa berprestasi.

0 komentar:

Posting Komentar