Jumat, 17 Maret 2017

Ini Dia, Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Wisuda!

Setelah berjuang keras mengerjakan skripsi, tentunya setelah itu kamu akan lulus dan di wisuda. Wisuda merupakan suatu moment yang istimewa dan special dan tentunya layak untuk di kenang dan diabadikan. Sebagai salah satu moment yang tidak akan terulang kembali tentunya kamu akan membuat wisuda anda menjadi sangat istimewa.


Nah, berikut adalah tips yang harus kamu lakukan sebelum wisuda agar semua berjalan dengan lancer dan sesuai :

     1. Skripsi Dan Perintilanya
Pastikan semua administrasi tugas akhir selesai. Revisi setelah sidang, tanda tangan, pengumpulan Hardcopy, upload jurnal online dan sebagainya. Jangan merasa sidang adalah akhir dari segalanya, dan jangan sampai detik-detik sebelum wisuda kamu masih disibukkan dengan hal-hal semacam ini.

2.  Memastikan Status Lulus
Pastikan status kamu sudah Lulus. Jika mengalami masalah segera hubungi bagian akademik fakultas kamu. Pastikan juga data diri di SIAK-NG kamu sudah benar, karena data ini yang nantinya akan dipakai untuk pembuatan Ijazah. Jangan sampai terjadi kesalahan di Ijazah kamu seperti pengejaan nama atau tempat tanggal lahir.

3. Daftar OnLine
Karena biasanya terlalu sibuk mengurus administrasi tugas akhir, terkadang mengabaikan pendaftaran untuk wisuda atau mendaftar di menit-menit terakhir sebelum pendaftaran ditutup. Jangan sampai wisuda tertunda hanya karena kelalaian seperti ini. Pendaftaran online harap diisi dengan sungguh-sungguh dari mulai ukuran toga, data diri, dan jangan lupa upload foto terbaik kamu. Data-data tersebut yang nantinya akan ditampilkan di buku alumni. Ga mau kan tampil memalukan di buku yang akan disimpan ribuan orang seumur hidup?

4. Pembayaran
Pastikan semua pembayaran beres dan lunas, jangan sampai hanya karna satu hal yang lupa untuk dibayar, wisuda mu jadi terhambat.

5.  Keluarga
Persiapkan Keluargamu, siapa saja yang akan datang di wisudamu nanti, apa hanya orangtua mu atau kakak adikmu juga ingin ikut. Jika kamu berasal dari luar kota sebaiknya kabari keluarga jauh-jauh hari sebelum tanggal wisuda di tetapkan.

6. Transportasi
Tentukanlah transportasi untuk pergi ketempat wisuda dilaksanakan. Mau naik mobil pribadikah? Atau bagi mahasiswa yang merantau, perlu menyewa mobil?

7. Pakaian
siapkanlah kebaya atau jas dari jauh-jauh hari sebelumnya. Persiapkan penampilmu mulai dari pakaian hingga rias wajah. Jangan sampai kamu masih bingung ingin memakai apa ketika hari wisuda sudah semakin dekat.

8.   Stamina
Persiapkan tenaga dan stamina dengan baik. Jangan tidur terlalu larut dan istirahat dengan cukup agar saat pagi hari jelang wisuda tubuhmu dapat segar dan bugar.

9. reakfast
Sarapanlah sebelum berangkat karena wisuda tidak sebentar. Apalagi jika wisudawan dikampus banyak.

10. Perintilan-Perintilan Kecil
Jangan lupa bawa perintilan-perintilan yang sepertinya tidak penting tapi bisa sangat krusial di saat-saat tidak terduga. Perintilan yang dimaksud adalah peniti, bobby pin, bahkan sandal jepit untuk cewek-cewek yang pegal setelah memakai high heels selama setengah hari. 



0 komentar:

Posting Komentar