Senin, 20 Maret 2017

6 Tips Mencari Pekerjaan Bagi Sarjana Baru



“Wah, hebat sudah jadi sarjana yaa.. sekarang kerja dimana?” Pertanyaan yang kadang membuat para sarjana ng-drop. Bukan nya tidak mau berusaha mencari kerja, namun memang pada kenyataanya tidak mudah mencari pekerjaan. Apakah tuntutan perusahaan yang terlalu tinggi? Sehingga para sarjana sulit untuk mendapatkan pekerjaan?

Pada dasarnya, menjadi mahasiswa merupakan salah satu langkah upaya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Setelah lulus, para sarjana tentunya mengharapkan bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan intelektualitas dan bergengsi.

Tidak semua lulusan SMA yang hanya mendapatkan gaji UMR (Upah Minimal Regional) , para mahasiswa pastinya sudah membayangkan mereka akan mendapatkan gaji yang lebih baik.Apalagi jika mereka berasal dari universitas yang bergengsi, bayangan indah rasanya begitu jelas di depan mata.
Untuk menghindari menganggur setelah lulus untuk para sarjana, berikut adalah tips mencari pekerjaan bagi mahasiswa baru ;

1. Buang rasa malas
Jangan mengisi waktu menunggu panggilan interview dengan malas-malasan di rumah. Sebaliknya, isi waktu untuk mempelajari berbagai keterampilan baru seperti bahasa asing, manajemen atau skill lainnya. Dengan begitu, kualifikasimu dapat meningkat di pasar tenaga kerja.

2. Ubah Perilaku
Jangan memulai pencarian kerja dengan berfikir tidak ada lowongan yang tepat untukmu di luar sana. Angka pengangguran memang masih tinggi, tetapi masih banyak pula perusahaan yang mencari calon pegawai yang paling tepat. Pertanyaannya adalah, apakah kamu bisa menjadi orang itu?
2.  MENCARI 
kerja bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para sarjana baru. Lamanya proses yang harus dilalui membuat mereka sering merasa putus asa.Tetapi, jika tahu trik dan strateginya, maka bisa jadi kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapat pekerjaan pertamamu.

3. Memulai lebih cepat
Jangan menunggu hingga usai diwisuda, mulailah mencari kerja secepat mungkin. Caranya, sejak masih kuliah, pastikan kamu ingin berkarier dalam bidang apa. Kemudian, cari tahu perusahaan apa yang ingin kamu masuki dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di sana. Semakin banyak kamu memiliki informasi ini, maka peluangmu mendapat pekerjaan juga semakin besar.

4. Internet
Manfaatkan internet untuk mencari semua informasi yang di butuhkan dalam mencari kerja. Kamu bisa memanfaatkan berbagai laman pemasang lowongan kerja atau mencari lowongan langsung di website perusahaan yang kamu incar. Manfaatkan juga internet untuk mencari berbagai tips dan kesempatan membangun jaringan.

5.  Jangan bias
Perlu diingat bahwa kamu baru akan memulai karier. Jadi, sebaiknya jangan hanya memasang mata pada perusahaan-perusahaan besar. Pertimbangkan juga perusahaan kecil, sedang atau bahkan start up. Biasanya, mereka lebih membutuhkan pegawai ketimbang perusahaan besar yang sudah mapan. Selain itu, pekerjaan pertama adalah tentang belajar dunia kerja, profesionalitas dan etos kerja.



0 komentar:

Posting Komentar