Jumat, 24 Februari 2017

Tipe Mahasiswa Berdasarkan Jurusan, Kamu Yang Mana?




Jika kita memasuki kawasan kampus, pastinya akan banyak sekali mahasiswa yang dapat kita temui yang berasal dari berbagai suku budaya dan tempat di Indonesia. Selain itu, berbagai macam tipikal mahasiswa sesuai jurusan juga akan terlihat. Jadi, mari kita ketahui tipe-tipe mahasiswa dilihat dari jurusannya.

  1. Mahasiswa Sosial Politik
Politik itu proses pembagian kekuasaan dalam masyarakat untuk membuat keputusan, khususnya dalam negara. Jadi, mahasiswa sosial politik yang memiliki sifat taktis dan strategis dalam melangkah. Mereka bangga dengan wawasan terhadap isu-isu current dan menganggap pengetahuan mengenai world issues sangatlah penting. Mahasiswa politik akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka melihat masalah dari berbagai sudut pandang untuk menemukan solusi dan memiliki pemikiran yang terbuka jika ada orang lain yang memiliki pandangan yang berbeda dengan mereka.

  1. Mahasiswa Hukum
Mahasiswa hukum biasanya menyukai segala hal yang terorganisir, perfeksionis, dan teratur dalam hal yang berkaitan dengan waktu, penghematan keuangan, dan lain-lain. Mereka taat terhadap prosedur dan sistematis. Terlebih lagi, mereka juga mementingkan kepercayaan diri sehingga sangat memperhatikan penampilan. Jadi, bisa dikatakan mereka sangat menyukai fashion.

  1. Mahasiswa Sastra
Mahasiswa sastra adalah mahasiswa yang sebagian besar memiliki kecerdasan dalam penggambaran visual menggunakan kata-kata. Selain itu, mahasiswa sastra mengutamakan keefektifan bahasa dalam berkomunikasi, tetapi karena pemikirannya yang mendalam dan memiliki pandangan yang berbeda dengan orang yang pandai secara visual, terkadang maksud pesan yang mereka sampaikan susah untuk dimengerti, tetapi secara tersirat memiliki makna yang dalam.

  1. Mahasiswa Teknik
Mahasiswa teknik meskipun terlihat kaku tetapi memiliki kemantapan dalam hidup. Karena mereka telah terdidik secara disiplin dan lebih memiliki kepastian dalam melangkah. Dengan kata lain, mereka dikenal memiliki pandangan ke depan (visioner) tentang apa yang akan selanjutnya dilakukan ketika kuliah, setelah lulus kuliah, dan apa yang dilakukan untuk menghadapi dunia kerja.

  1. Mahasiswa MIPA
Mahasiswa MIPA adalah mahasiswa taat dan baik. Mereka cenderung pendiam dan memiliki dunianya sendiri. Mirip dengan mahasiswa teknik, mereka juga memiliki tujuan menyangkut masa depan mereka. Sehingga mereka suka membuat perencanaan yang terukur dan terarah. Hanya saja mahasiswa MIPA dikenal cenderung kaku dan kurang dinamis.

  1. Mahasiswa Psikologi
Dikarenakan mahasiswa psikologi mempelajari seluk beluk perilaku dan perasaan manusia, mahasiswa psikologi adalah kawan-kawan yang asik jika diajak berbicara. Mereka pendengar yang baik dan sangat pengertian karena mereka mengetahiu cara menenangkan hati ketika lawan bicara mereka merasa gelisah.

  1. Mahasiswa Ekonomi
Mahasiswa ekonomi menganut prinsip ekonomi, yaitu “Dengan pengorbanan sekecil-kecilnya, mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya”, tetapi bukan berarti mereka pelit, hanya saja memiliki sifat waspada dan kehati-hatian yang tinggi. Meskipun ekonomi sering dianggap “pasaran”, tetapi sebenarnya mahasiswa ekonomi adalah individu dengan kepribadian yang pandai membaca kesempatan. Bisa dikatakan, mereka memiliki jiwa entrepreneur yang besar.

  1. Mahasiswa Pertanian
Mahasiswa pertanian adalah tipe mahasiswa yang tekun, ulet, dan sabar. Mereka terbiasa lugas, komunikatif, percaya diri dan mempunyai aspirasi terhadap suatu kekurangan yang baik. Selain itu, dikarenakan mereka sering melakukan banyak praktikum, sehingga memiliki kemampuan analisis yang sangat baik. Meskipun sering dipandang sebelah mata, tetapi mahasiswa pertanian tetap berdedikasi tinggi dengan pekerjaannya dan selalu rendah hati.

  1. Mahasiswa Kedokteran
Tentu saja, mahasiswa kedokteran adalah idaman bagi siapa saja yang ingin menjadikannya teman atau bahkan pacar. Mirip seperti mahasiswa pertanian, mereka juga dikenal sabar, tekun, dan ulet, tetapi juga memiliki kecermatan dan ketelitian yang tinggi. Mahasiswa kedokteran menyukai segala sesuatu yang logis dan didukung dengan ilmu serta fakta. Sehingga mereka dikenal tidak mudah percaya kecuali jika ada bukti yang dapat dilihat.

  1. Mahasiswa Pendidikan
Sudah pasti mahasiswa pendidikan adalah mahasiswa yang senang membantu orang belajar, membantu memecahkan masalah yang sulit dan mengatur jadwal. Mirip dengan mahasiswa psikologi, mahasiswa pendidikan juga sangat pengertian karena peduli terhadap sesama, apalagi jika menyangkut masa depan. Mereka merupakan individu yang optimis dan selalu ceria.

  1. Mahasiswa Seni
Dikarenakan seni dianggap sebagai bidang ilmu yang tidak dapat diaplikasikan ke dunia kerja, mahasiswa seni banyak yang bekerja keras demi mengasah skill sekaligus memperbanyak karya untuk mengubah pandangan orang-orang mengenai itu. Selain dikenal dengan pemikirannya yang bebas, mereka juga orang yang spontan, berani mengambil resiko, dan selalu dapat menemukan sisi dramatis terhadap segala hal.

0 komentar:

Posting Komentar