Jumat, 10 Februari 2017

Dosen Favorit Kamu Adalah...





Dosen seperti halnya sebagai orang tua yang kedua, turut mendidik, merawat, mengajar, dan memberikan ilmu kepada mahasiswanya. Maka dari itu mahasiswa sepatutnya selalu hormat kepada dosen. Pastinya ada dua jenis dosen yang dijumpai di setiap kampus, yaitu dosen yang banyak disukai (favorit) dan dosen yang tidak disukai (dibenci) oleh mahasiswanya. Dan sekarang kita akan membahas kriteria dosen favorit menurut mahasiswanya.

  1. Dosen yang Berpenampilan Menarik

Dari segi fisik, dosen yang memiliki penampilan yang menarik tentunya akan disukai banyak mahasiswa. Sehingga mahasiswa yang mengikuti perkuliahannya tidak mudah bosan ataupun merasa capek.

  1. Sabar dan Murah Hati
Selain dinilai dari penampilan, mahasiswa biasanya melihat dari segi kepribadiannya. Dosen yang memiliki sifat sabar menghadapi mahasiswanya dan murah hati untuk memahami keinginan mahasiswanya, tentu saja akan tergolong dosen favorit mahasiswa. Bahkan kemungkinan mahasiswa membicarakan keburukan dosen ini sangatlah kecil. Bagi mahasiswa yang sudah lulus pun tidak akan melupakan dosen yang seperti malaikat ini.

  1. Metode Pengajaran yang Nyaman
Berbagai cara pasti dilakukan dosen agar mahasiswanya tidak bosan dan tetap bersemangat mengikuti perkuliahan hingga selesai. Biasanya dosen akan mengajak melakukan sedikit permainan, membuat lelucon, membahas hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan mahasiswanya. Dengan begitu, mahasiswa akan merasa nyaman dan semakin tertarik dan paham terhadap apa yang disampaikan dosen.

  1. Memiliki Banyak Pengalaman
Dosen yang berpengalaman adalah yang bersifat lebih dinamis, mudah mencairkan keadaan, santai, terbuka dengan mahasiswa, dan profesional dalam menggeluti bidang yang sesuai dengan mata kuliah atau praktisi. Mahasiswa akan semakin terdorong rasa ingin tahunya dan bersemangat untuk mempelajari lebih jauh materi yang diberikan. Biasanya dosen yang berpengalaman sudah mengajar di kampus selama lebih dari 5 tahun dan sangat mengerti sifat mahasiswanya sehingga tidak akan memberikan tugas melebihi kemampuan mahasiswa. Bahkan mahasiswa ingin menjadi dosen karena melihat konsistensi dan profesionalisme dosen ini.

  1. Menghargai Hasil Kerja Mahasiswa
Siapa yang tidak senang jika hasil kerjanya diapresiasi dengan baik oleh orang lain? Mahasiswa pun pasti menyenangi dosen yang dapat menghargai hasil kerja mereka. Setidaknya, tugas yang mereka kerjakan dibahas oleh dosen dan diberi saran serta kritik yang bersifat membangun. Jika sebaliknya, sama saja dengan mematikan motivasi mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan.

  1. Mudah Ditemui dan Dihubungi
Mahasiswa sekarang lebih banyak yang menginginkan waktu tatap muka di luar jam kuliah. Khususnya mahasiswa yang sedang melakukan penelitian seperti skripsi atau tugas kuliah. Jadi, mereka sangat membutuhkan bimbingan dan pengawasan dari dosen agar tugas kuliah dapat terlesaikan dengan baik dan mendapatkan nilai baik atau lulus dari universitas dengan predikat nilai yang baik.

  1. Bersedia Mendengarkan Keluhan Mahasiswa
Kadangkala mahasiswa mendapatkan masalah seputar akademiknya namun tidak tahu harus menyampaikan keluhannya pada siapa. Dosen sebagai yang paling dekat dengan mahasiswanya seharusnya memiliki kesediaan untuk mendengarkan dan berdiskusi tentang solusi yang memungkinkan. Sehingga tidak ada mahasiswa yang malas pergi ke kampus, stress atau bahkan di Drop Out dari kampus.

0 komentar:

Posting Komentar