Rabu, 01 Februari 2017

Cara Membangun Sifat Kepribadian yang Proaktif





Bersikap proaktif berarti cara kita mengendalikan hidup kita, bukan sikap yang menentukan hidup kita. Secara sadar, proaktif adalah sumber motivasi menuju perbaikan diri yang lebih baik. Sifat ini perlu dibangun agar kamu bisa bertanggung jawab terhadap masa depan kamu nantinya. Dan sebagai seorang mahasiswa, pelajar paling tinggi, kamu dituntut untuk proaktif dan kritis dengan berbagai macam fenomena, peristiwa, dan permasalahan yang ada di sekitarmu. Berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan agar lebih proaktif lagi.

  1. Membuat daftar tugas
Buatlah susunan tugas yang sering kamu terima di kampus atau organisasi. Tugas yang jarang didapatkan, sering datang dengan jumlah banyak sekaligus dan tugas yang mengharuskan segera untuk diselesaikan. Buat berdasarkan prioritas tugas yang harus diselesaikan dengan cepat. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa menyelesaikan tugas tersebut dalam satu waktu.

  1. Mengatur strategi penyelesaian tugas
Menunda, tidak fokus, atau menangguhkan sesuatu adalah penghambat langkah kamu untuk menjadi proaktif. Uraikan tugas-tugas tersebut menjadi prosedur langkah-langkah atau tahapan yang dapat kamu atur. Tetapkan tujuan yang ingin kamu capai. Buat kemajuan sedikit demi sedikit.

  1. Berpikir sebelum bertindak
Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya masalah atau jika kamu sedang menghadapi. Biasakan diri untuk membuat rencana cadangan jika rencana yang sebelumnya telah gagal. Berpikirlah sebelum bertindak, karena tidak semua rencana bisa berjalan dengan lancar dan baik

  1. Pandai membaca situasi
Identifikasi: masalah apa yang sebeneranya terjadi atau mengapa hal itu terjadi? Seseorang yang proaktif akan melihat masalah sebagai kesempatan untuk menemukan cara penyelesaiannya, dan bukan mengeluh atau menyalahkan keadaan.

Jika kamu tergolong orang yang proaktif berarti kamu adalah orang yang memiliki kebebasan dalam memilih, memfokuskan diri, tidak mudah terpengaruh dengan perkataan orang lain, mandiri, dewasa, dan mengutamakan nilai-nilai hidup yang mengarah pada kesuksesan. Bersikap proaktif memang lebih sulit, tetapi kuncinya dalah melatih kebiasaan. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar