Kamis, 29 Desember 2016

Program Beasiswa dari Pemerintah Indonesia yang Paling Banyak Diminati Mahasiswa



Pendidikan nasional memiliki fungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat untuk mencerdaskan bangsa dan peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, berprestasi, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara demokratis. Dan sebagai warga negara, para pemuda Indonesia berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kemampuannya.

Adanya beasiswa adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dan berikut ini beberapa beasiswa yang diberikan oleh pemerintah yang paling banyak diminati oleh para mahasiswa:

  1. Beasiswa LPDP
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan lembaga yang menyediakan program beasiswa berdasarkan pertimbangan wilayah, strata sosial, dan gender. Penerima beasiswa LPDP adalah pemuda Indonesia yang memiliki prestasi di bidang akademik di jenjang pendidikan sebelumnya serta memiliki jiwa kepemimpinan dan memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi untuk Indonesia. Ada 5 jenis beassiwa LPDP, yaitu beasiswa Magister/Doktoral (dalam dan luar negeri), beasiswa Tesis/Disertasi (dalam dan luar negeri), beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis (dalam negeri), beasiswa Presiden Republik Indonesia, dan beasiswa Afirmasi.

Informasi lebih lanjut: http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

  1. Beasiswa DIKTI
Beasiswa DIKTI adalah program beasiswa S1, S2, dan S3. Tunjangan yang ditawarkan meliputi buaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya perjalanan. Penerima beasiswa ini adalah mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Ada 6 jenis beasiswa DIKTI, yaitu beasiswa Bidik Missi, beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU), beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri, beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri, dan beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI).

Informasi lebih lanjut: http://budi.ristekdikti.go.id/web/

  1. Beasiswa Unggulan
Beasiswa Unggulan ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud) untuk warga Indonesia dengan memberikan kesempatan menempuh studi S2, S2, hingga S3 di dalam dan luar negeri. Ada 4 jenis beasiswa Unggulan, yaitu beasiswa Masyarakat Berprestasi, beasiswa Pegawai Kemendikbud, beasiswa Unggulan Guru CIMB Niaga, dan beasiswa Bantuan (non-degree).

0 komentar:

Posting Komentar