Selasa, 24 Januari 2017

Cara Menghafal Teks Pidato dengan Cepat dan Mudah




Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan dalam menyampaikan pidato dalam suatu acara organisasi, pemilihan Ketua dan Wakil BEM, presentasi di depan kelas, atau acara di luar kampus yang mengharuskan kamu berbicara di depan orang banyak. Biasanya kesulitan itu berasal dari sikap gugup yang dapat mempengaruhi penampilan kamu di depan umum nantinya. Bisa saja kamu lupa dengan materi yang ingin disampaikan karena saking gugupnya. Padahal kamu sudah berlatih sebelumnya. Atau memang kamu memiliki kesulitan dalam menghafal pidato? Tenang, kami memiliki solusinya. Mari simak cara menghafal teks pidato dengan cepat dan mudah ini:

  1. Mempelajari Teknik-teknik Dasar Menghafal Teks Pidato
Pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami informasi yang paling penting dari teks pidato yang telah kamu buat. Susun dalam garis besar yang mencakup ide utama dan semua isi pidato kamu, termasuk contoh-contoh atau analogi yang akan kamu gunakan saat pidato nanti. Kedua, kamu perlu menuliskan pembukaan dan penutupan secara lengkap, kemudin bacalah kembali dengan bersuara. Mungkin ada kata atau kalimat yang ingin kamu perbaiki agar ketika mengawali dan mengakhiri pidato kamu tidak terasa canggung.
Setelah kamu selesai dengan pembukaan, isi atau susunan garis besar, dan penutupan. Cobalah untuk mempraktekkannya langsung dengan diikuti oleh gerakan dan ekspresi wajah. Kunci dalam kelancaran berpidato adalah bagian awal pembukaan yang dapat berjalan dengan baik. Karena kamu akan merasa tenang dan lebih mudah dalam menyampaikan isi hingga penutup pidato. Jangan lupa untuk terus berlatih!

  1. Menggunakan Imajinasi
Buatlah poin-poin garis besar dari teks pidato yang telah kamu buat sebelumnya. Lalu buatlah gambaran mental mengenai poin-poin penting tersebut. Bayangkan kamu sedang melakukan sebuah perjalanan ke suatu tempat. Dan mulai membuat gambaran mengenai tempat yang mungkin kamu lewati untuk menuju ke tempat tersebut. Tautkan gambaran imajinasimu dengan poin-poin penting pidato sebelumnya. Imajinasi memang tidak memiliki batasan, kamu juga dapat membayangkan urutan bagian-bagian tubuh manusia, cerita, atau yang lainnya.

  1. Menggunakan Penggalan Kalimat
Untuk cara ini, kamu dapat menghafal kalimat pendek dari penggalan kalimat-kalimat pidato kamu. Gunakan sebuah tanda seperti garis miring atau garis bawah lalu mulailah membacanya secara berulang-ulang. Teknik ini digunakan untuk pidato yang panjang, sedangkan untuk pidato yang singkat, kamu dapat menggunakan kata-kata.
Tidak hanya satu atau dua kalimat, bahkan kamu dapat menghafal keseluruhan isi pidatomu. Secara bertahap, hafalkan kalimat-kalimat dalam teks pidato dan dilakukan secara berulang. Terulah berlatih dengan suara yang keras dengan diikuti gerakan serta ekspresi wajah. Sebelumnya kamu harus benar-benar fokus agar dapat menghafal kalimat satu per satu dengan benar.

  1. Merekam Pidato
Rekamlah pidato yang telah kamu tulis dan coba dengarkan dengan baik-baik untuk memeriksa jika ada kesalahan kalimat/kata atau ada informasi yang ingin kamu hilangkan/tambahkan. Lakukan ini secara berulang untuk mendapatkan hasil rekaman pidato yang kamu inginkan. Rekaman pidato itu yang nantinya akan kamu gunakan untuk menghafal, yaitu melalui pendengaran. Kamu dapat memutarnya sambil melakukan aktivitas lain seperti di dalam mobil, makan, atau sebelum tidur.

2 komentar:

  1. Yah.. masalahnya baru baca nih. Padahal besok lombanya. Yah, pasrah ja deh!

    BalasHapus