Selasa, 03 Januari 2017

Cara Membuat Ruang Belajar yang Nyaman




Memiliki ruang yang dapat membuat nyaman siapapun yang berada di dalamnya adalah dambaan bagi setiap orang. Apalagi ruang tersebut digunakan untuk belajar, pastinya kamu akan berusaha membuat suasana kamar menjadi senyaman mungkin agar kamu bisa fokus belajar. Ada banyak cara membuat kamarmu menjadi nyaman dan keren untuk dijadikan tempat belajar, dan cara-cara tersebut adalah:

  • Mengatur tata letak perabotan
Jika kamu memiliki kamar dengan ukuran yang tidak begitu luas, aturlah perabotan atau furniture kamar kamu sedemikian rupa agar kamar tampak luas. Misalnya dengan menggeser lemari pakaian, ranjang atau meja belajar di bagian sudut-sudut ruangan agar kamu bisa leluasa melakukan aktivitas apapun di dalam kamar. Atau kamu juga dapat mengatur ranjang di sebelah jendela untuk emmbuat efek kamar lebih luas.

  • Melengkapi kamar dengan berbagai fasilitas
Agar kamu lebih nyaman berada di dalam kamar, lengkapi kamar kamu dengan berbagai fasilitas seperti AC atau kipas angin, TV, komputer, dispenser atau kulkas kecil untuk menyimpan snack dan minuman kamu. Mintalah izin orang tua atau pemilik kos terlebih dahulu karena barang-barang elektronik tersebut membutuhkan tenaga listrik yang banyak.

  • Memanfaatkan dinding yang kosong
Kreasikan dinding kamar kamu yang kosong dengan wallpaper, atau kamu dapat menghiasnya dengan beragam pernak-pernik seperti wall sticker, tempelan foto-foto kenangan bersama keluarga atau teman, papan agenda kegiatan, atau poster-poster dengan kutipan-kutipan yang dapat memotivasi kamu untuk semakin giat belajar. Tetapi jangan penuhi dinding kamar dengan banyak hiasan karena akan terkesan terlalu ramai dan sempit.

  • Memanfaatkan ruang di bawah tempat tidur dan di atas lemari
Kedua area ini memang jarang diperhatikan tetapi dapat dimanfaatkan untuk meletakkan barang-barang yang tersimpan di kardus agar tidak berdebu. Hal ini dilakukan agar kamar kamu tidak terlihat sempit dan terlalu ramai dengan barang-barang. Untuk memulainya, pilahlah barang yang akan dimasukkan di dalam kardus dan jangan lupa untuk memberinya label agar kamu lebih mudah dalam menemukannya nanti.

  • Selalu menjaga kebersihan dan kerapihan kamar
Kamar yang berantakan pasti akan membuat kamu merasa tidak betah berlama-lama di dalam kamar. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan kamar dan tidak menaruh barang disembarang tempat. Sediakan tempat sampah kecil dan tempat tersendiri untuk menampung baju-baju kotor kamu. Tidak hanya itu, usahakan kamu juga memiliki tempat-tempat khusus untuk meletakkan aksesoris, peralatan tulis, dan buku-buku kuliah kamu.

0 komentar:

Posting Komentar