Selasa, 10 Januari 2017

Anak-anak Muda Adalah Masa Depan Industri Kreatif Indonesia




Industri kreatif adalah pilar ekonomi bangsa di masa depan. Sehingga pemerintah berusaha mengombinasikan industri UKM dengan industri kreatif karena peluang pasarnya yang cukup besar. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan peluang kerja melalui eksploitasi kekayaan intelektual yang potensial dimiliki oleh setiap individu. Sehingga dalam hal ini dibutuhkan terobosan untuk mendorong individu dan UKM untuk mengembangkan inovasi-inovasi.

Kita sebagai anak muda adalah generasi yang memainkan peranan penting dalam menciptakan ekosistem yang inovatif dan kreatif. Dalam program Nawacita, Pemerintah telah berkomitmen mendorong inovasi teknologi lokal agar dapat bersaing dengan negara-negara maju. Tetapi program tersebut perlu dukungan dari anak-anak muda.

Anak muda memang erat kaitannya dengan keberanian, tantangan, dan kreativitas. Pada masa-masa ini, mereka sangat menyukai mencoba sesuatu hal yang baru dan mencari berbagai pengetahuan yang ada. Apa yang membuat anak muda adalah masa depan industri kreatif adalah minat mereka. Masing-masing dari kita memiliki minat yang besar di bidang yang disukainya, tidak peduli apapun latar belakangnya.

Diikuti dengan perkembangan teknologi sekarang ini, kita telah dibesarkan oleh tradisi global, bukan lokal. Dengan kata lain kita adalah generasi muda yang melek teknologi tetapi juga memegang teguh prinsip lokal. Kepandaian kita dalam menggunakan teknologi untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya adalah modal untuk melahirkan ide-ide “gila” yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Kita memikiki akses informasi dan ilmu pengetahuan yang hampir tak terbatas sehingga kita bisa diandalkan untuk membuat terobosan pada industri kreatif. Terlebih lagi jika kita memiliki ruang untuk bereskperimen dan berlatih, sebelum benar-benar terjun ke industri kreatif. Dan ruang itu dapat kita temukan di universitas dan institusi yang memapu mengarahkan dan memnuhi tuntutan industri kreatif.

Dukungan ruang didik mampu mengarahkan kita agar dapat memnuhi tuntutan dan memberikan solusi kepada industri kreatif yang memang sangat dibutuhkan. Terbukti dengan melihat beberapa negara lain terutama negara maju dengan industri kreatifnya yang sudah sangat berkembang, banyak sekali fasilitas-fasilitas pendidikan yang menunjang perkembagan industri kreatif di negaranya. Yang membuat kita bisa menjadi sukses di masa depan industri kreatif ini adalah minat.

0 komentar:

Posting Komentar