Kamis, 22 Desember 2016

Ikuti 5 Langkah ini untuk Menghindari Plagiarisme





Plagiarisme dalam penulisan adalah salah satu bentuk pelanggaran yang berat dalam bidang akademik. Bahkan sanksi yang diberikan atas pelanggaran ini sangat serius. Konsekuensi yang akan diperoleh oleh orang yang melakukan plagiat adalah mulai dari tugas yang tidak akan dinilai hingga dikeluarkan dari lembaga pendidikan tempat ia berada. Seringkali, orang melakukan plagiarisme secara tidak sengaja. Untuk memastikan kamu terhindari dari perbuatan plagiarisme, ikut cara-cara berikut ini:

1.      Bacalah peraturan hak cipta terlebih dahulu

Plagiarisme tidak hanya dianggap sebagai bentuk pelanggaran akademik, tetapi juga pelanggaran hukum. Fakta yang kamu dapat memang dilindungi hak cipta, tetapi tulisan yang kamu baca atau kalimat yang digunakan penulis dilindungi hak cipta. Rangkumlah fakta itu ke dalam bahasa tulisan kamu sendiri atau jika kamu ingin menggunakan kalimat penulis, jangan lupa untuk menyantumkan sumber kutipan.

2.      Pahami topik yang akan kamu gunakan

Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari beberapa sumber informasi terpercaya mengenai topik yang akan kamu tulis. Buat sebuah daftar topik yang ingin kamu tulis kemudian sesuaikan dengan syarat-syarat topik penulisan, seperti topik harus menarik perhatian pembaca, spesifik, bermanfaat dan tidak kontroversial. Dengan memahami topik yang kamu tulis, itu akan membantu kamu mendalami permasalahan secara intensif dan detail.

3.      Mengumpulkan materi dari sumber informasi yang terpercaya

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan materi tulisan yang berkaitan dengan topikmu. Kamu bisa mencarinya di internet atau di buku. Tetapi biasanya, buku lebih dipilih karena lebih terpercaya dibandingkan sumber materi yang didapat dari internet. Jangan terlalu banyak membaca materi tulisan orang lain karena itu akan membuatmu cenderung menulis ulang kalimat yang sudah digunakan oleh penulis tersebut.

4.      Menyantumkan sumber kutipan

Cantumkan sumber literatur yang kamu kutip dan tulis pada bagian daftar pustaka. Jika kamu menggunakan kutipan langsung, kamu harus mengutipnya dengan benar dan sesuai dengan format yang diberikan oleh dosen. Jangan menunda untuk menulis sumber kutipan karena kemungkinan kamu bisa lupa untuk menyantumkannya di akhir pembuatan tulisan. Akibatnya, kamu bisa dianggap telah melakukan plagiarisme.

5.      Perhatikan apa yang perlu dan tidak perlu untuk dikutip

Pembaca bisa saja merasa bosan jika tulisanmu terlalu banyak menyantumkan kutipan. Tidak semua literatur bisa kamu kutip, tetapi pilihlah beberapa poin penting yang perlu dicantumkan ke dalam karya tulisanmu.

Untuk tips tambahan, ada beberapa layanan di internet yang menyediakan aplikasi pemindai tulisan untuk mendeteksi isi tulisan kamu. Jika keadaan mengharuskan kamu untuk menyalin tulisan orang lain, jangan salin semua tulisan melainkan pilih beberapa kalimat yang sesuai untuk tulisan kamu. Kemudian sebutkan pada daftar pustaka semua sumber yang kamu gunakan sebagai acuan kamu dalam membuat karya tulis tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar