Kamis, 15 Desember 2016

Cara Mengembangkan Kemampuan Komunikasi yang Baik untuk Mahasiswa




Kita tidak bisa tidak berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Cara dalam berkomunikasi akan menunjukkan bagaimana suatu hubungan dapat terbentuk dan bagaimana memberikan kontribusi sebagai anggota keluarga, kelompok, organisasi dan masyarakat luas. Kita pasti beranggapan bahwa komunikasi adalah sesuatu yang bersifat umum karena setiap orang pasti mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan baik. Padahal, sebenarnya banyak yang belum memiliki keterampilan komunikasi yang baik karena ternyata bentuk komunikasi itu sendiri sangat banyak sekali, yaitu bentuk komunikasi verbal dan nonverbal, tertulis dan oral, formal dan informal, intrapersonal, interpersonal, kelompok, dan massa.

Bagi mahasiswa, kemampuan berkomunikasi sangat penting, mengingat kemampuan ini tidak diajarkan di kampus tetapi dibutuhkan di dunia kerja, Kemampuan komunikasi yang banyak dibutuhkan adalah kemampuan public speaking, mengikuti perkembangan informasi dari berbagai saluran komunikasi seperti media sosial dan media massa, bernegosiasi dan menjalin kerjasama yang baik. Tetapi, bagi kamu yang merasa belum memiliki kemampuan tersebut, bisa melatih diri kamu dengan cara berikut ini:

  • Mencoba berpikir positif mengenai diri sendiri dan orang lain
Dengan berpikir positif, sama dengan kamu mencoba memberikan penilaian yang baik terhadap diri sendiri dan orang lain. Cobalah untuk menginstropeksi diri sebelum menilai orang lain. Selain itu, kamu akan terhindar dari prasangka yang buruk terhadap diri sendiri dan orang lain. Dan apabila itu terjadi, kamu akan merasa sulit untuk mengembangkan rasa percaya diri dan mempercayai orang lain. Jadi, dasar dari sebuah kepercayaan adalah pikiran yang positif.

  • Tidak merendahkan orang lain
Sifat sombong akan membuat seseorang sulit untuk menerima keberadaan orang lain, terlebih lagi jika kedudukan orang tersebut berada di bawahnya. Sikap merendahkan orang lain ini biasanya tercermin dalam sebuah diskusi, seperti sifat yang suka pilih-pilih dalam bergaul, tidak mau mendengarkan pendapat orang lain, tidak menyukai orang yang memiliki cara berpikir yang berbeda dengan dirinya, dan lain-lain. Akibatnya, seseorang itu akan sulit untuk bisa bekerja sama dengan orang lain karena lebih mementingkan diri sendiri dan sifat kepedulian yang kurang.

  • Sering membaca buku
Semakin kamu sering membaca buku, makan semakin banyak topik yang bisa kamu bicarakan dengan orang lain. Selain itu, wawasan kamu juga akan semakin bertambah luas dan dapat memperbaiki gaya komunikasi kamu menjadi lebih baik.

  • Membuat kontak mata dan tersenyum
Kontak mata menunjukkan parhatian dan minat terhadap apa yang sedang dibicarakan oleh seseorang. Ketika berkomunikasi, jangan menghindari kontak mata dengan orang lain karena hal itu akan membuat kredibilitasmu turun di depan orang lain. Dan jangan lupa untuk tersenyum ramah karena itu merupakan esesnsi komunikasi yang baik dengan orang lain. Jadi, dengan memberikan senyuman ramah kepada orang lain akan membantu kamu membentuk dan mempertahankan hubungan interpersonalmu.

  • Bersikap sopan
Menjaga kesopanan dalam berkomunikasi akan membantu kamu untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain dan akan meninggalkan kesan yang baik mengenai diri kamu. Ketika berbicra dengan orang lain, ingatlah bahwa kamu perlu untuk berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara agar pesan yang akan kamu sampaikan tidak menyinggung perasaan orang lain. Terutama jika kamu akan berbicara di depan banyak orang. Menjadi percaya diri memang merupakan elemen kunci dalam berkomunikasi, tetapi tidak akan bernilai baik tanpa adanya kesopanan.

0 komentar:

Posting Komentar