Selasa, 29 November 2016

Penyebab Malas Belajar dan Cara Mengatasinya





Malas, adalah kondisi dimana seseorang sedang tidak bergairah untuk melakukan sesuatu. Ketidakmampuan seseorang untuk menolak rasa malas akan mengakibatkan terhambatnya pencapaian kesuksesan. Sedangkan orang yang sukses adalah orang yang tidak pernah berhenti mencoba dan bersemangat dalam menjalankan segala sesuatu. Meskipun tidak ada batasan kelompok usia tertentu, namun rasa malas ini sangat merugikan para pemuda yang sedang berkembang untuk menentukan masa depannya.

Khususnya untuk mahasiswa, dimana kehidupan modern sekarang yang membawa kemudahan bagi mereka, menyebabkan mereka menjadi malas untuk melakukan kegiatan-kegiatan fisik yang sebenarnya diperlukan. Misalnya, mahasiswa sekarang lebih menyenangi mengerjakan tugas kuliah dengan referensi dari internet dibandingkan pergi ke perpustakaan untuk mencari buku, membaca buku, dan mengerjakan tugas disana. Dan pada akhirnya akan membentuk rasa malas belajar pada mahasiswa. Padahal, belajar adalah kegiatan utama yang tidak seharusnya diabaikan oleh mahasiswa karena berpengaruh terhadap nilai akademik mereka untuk memperoleh gelar sarjana dan untuk membanggakan orang tua mereka.

Faktor penyebab rasa malas ada dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Contoh dari faktor internal adalah kebiasaan begadang, kurangnya waktu tidur yang membuat seseorang merasa mudah mengantuk, emosi yang tidak stabil, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor eksternal bisa berasal dari pergaulan. Jadi, jika Anda mengalami hal seperti ini, maka cobalah introspeksi diri dan tanyakan pada diri Anda kenapa Anda merasa malas. Kemudian Anda dapat mengikuti cara-cara berikut ini untuk menghilangkan rasa malas:

Memotivasi diri
Ketika Anda sudah mengetahui penyebab rasa malas itu datang, segera ubah pola pikir Anda. Cobalah memotivasi diri Anda dengan berpikir bahwa belajar adalah hal utama untuk mencapai cita-cita dan kesuksesan. Anda bisa melatih kedisiplinan dan belajar memotivasi diri dengan olahraga secara teratur.

Strategi Belajar
Bandingkan suasana belajar di kampus dengan di rumah, kemudian coba pikirkan suasana mana yang membuat Anda bisa fokus belajar. Tanyakan pada diri Anda mengenai apa perbedaan cara belajar di kampus dengan di rumah? Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa membantu Anda untuk menemukan suasana dan cara belajar yang tepat, yang membuat Anda merasa nyaman dan bisa fokus dalam belajar. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa malas yang sewaktu-waktu datang ketika Anda merasa ada banyak tugas kuliah yang harus dikerjakan.

Membuat skala prioritas
Tanpa adanya prioritas belajar, Anda bisa saja keteteran dalam mengerjakan tugas kuliah dan belajar materi perkuliahan yang menyebabkan semakin malas untuk belajar. Oleh karena itu, buatlah prioritas belajar. Bisa saja dengan belajar sebentar untuk satu materi kuliah kemudian dilanjutkan ke tugas yang harus dikumpulkan segera atau dengan memprioritaskan materi perkuliahan yang kurang Anda kuasai.

Belajar dengan teman yang pandai dan rajin
Pergaulan juga berpengaruh terhadap pembentukan karakter dalam diri Anda. Ketika Anda berkumpul dengan orang-orang yang suka bermalas-malasan, maka Anda bisa jadi terpengaruh dan ikut bermalas-masalan juga. Tidak ada salahnya jika Anda mendekati teman yang Anda kenal memiliki kepandaian dan juga rajin. Cobalah untuk berinteraksi dengan mereka dan saling bertukar pikiran dan pendapat mengenai tugas dan materi perkuliahan yang telah diberikan oleh dosen.

0 komentar:

Posting Komentar