Rabu, 30 November 2016

Ide Bisnis untuk Mahasiswa





Kuliah itu penting, karena ilmu-ilmu atau keahlian melalui program terintegrasi (dalam kelas, penelitian, skripsi) atau dalam bentuk pengalaman praktek kerja lapangan (magang), nantinya akan membantu mahasiswa mengenai “dunia nyata”. Gelar yang akan didapat oleh mahasiswa adalah sebagai bentuk bahwa mereka siap menghadapi dunia profesional karena telah memiliki standar ilmu yang cukup.

Kuliah adalah masa yang paling potensial dalam hidup. Tentunya banyak hal yang telah dialami selama menjadi mahasiswa. Menjadi mahasiswa bukan merupakan hal yang mudah, meski menyenangkan tetapi mahasiswa kerap ditimpa masalah, seperti nilai atau ipk, pergaulan, dosen, skripsi, kelulusan, hingga keuangan. Tetapi, mahasiswa adalah kaum intelektual dengan sejuta kreativitas, inovasi, serta visi dan mini yang jelas ditunjang dengan pengalaman untuk menemukan solusi dalam permasalahan tersebut.

Mahasiswa biasanya memiliki kemampuan manajemen yang baik sehingga mampu menumbuhkan pribadi yang mandiri. Mahasiswa mandiri bisa dikategorikan ke dalam dua bagian, yaitu mandiri dalam hal kepribadian dan materi. Mahasiswa yang mandiri secara kepribadian adalah mahasiswa yang memiliki kesadaran tinggi untuk mau belajar dan berlatih suatu kemampuan tertentu agar bisa sukses dalam kuliah. Sedangkan mahasiswa yang mandiri secara materi, tidak semua mahasiswa memiliki sifat tersebut. Kecuali jika mahasiswa tersebut tidak mau terlalu bergantung pada bantuan orang tua, maka mereka tidak akan kesulita menjadi mahasiswa yang mandiri secara materi.

Setiap mahasiswa pasti memiliki keinginan dalam diri mereka untuk bisa mandiri agar bisa meringankan beban orang tua, tetapi sering kali mereka bingung bagaimana memulainya dan ide bisnis apa yang bisa membantu beban keuangan mereka dan orang tua. Dan bagi Anda yang ingin mandiri secara materi tetapi tidak memiliki ide bisnis yang tidak terlalu banyak mengorbankan waktu belajar, berikut adalah ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa menjadi referensi Anda:

Bisnis kursus private
Bisnis ini bisa menjadi pilihan karena selain tidak mengganggu jadwal belajar dan kuliah, bisnis ini tidak memerlukan modal. Tetapi bisnis ini menuntut mahasiswa yang menjalankannya untuk mempunyai ilmu dan keterampilan yang khusus. Misalnya bisnis kursus komputer, paling sesuai dengan mahasiswa jurusan Teknik Komputer.

Bisnis jasa foto dan desain
Bisnis jasa foto dan desain juga merupakan bisnis sampingan bagi mahasiswa yang berhubungan dengan hobi. Atau jika mahasiswa menekuni jurusan desain grafis atau desain komunikasi visual, bisa memulai bisnis ini. Bisnis jasa foto dan desain memiliki prospek yang sangat besar karena banyak orang dan perusahaan yang membutuhkannya.

Bisnis jasa menulis online
Bisnis ini sangat sesuai untuk mahasiswa yang memiliki hobi menulis. Selain menjadi penulis online, mahasiswa dapat mencoba menjadi kontributor sebuah situs online. Bahkan dapat membuka jasa penulisan online dengan mempromosikannya di media sosial.

Bisnis toko online
Bisnis toko online sekarang merupakan bisnis online yang sedang marak dan sangat digemari oleh banyak orang, terutama mahasiswa. Bisnis ini sangat sesuai untuk mahasiswa yang menyenangi dunia kreatif seperti membuat kerajinan seni atau memiliki bakat seni tertentu. Bisnis ini sangat mudah dijalankan dan tidak memerlukan modal yang cukup besar untuk memulainya.

Bisnis kaos untuk mahasiswa
Bisnis ini hanya mengandalkan kemampuan desain. Mengenai proses sablon atau percetakannya, mahasiswa bisa bekerja sama dengan jasa percetakan kaos yang memiliki reputasi yang baik. Setelah menemukan konveksi, mahasiswa tinggal membuat desain-desain yang menarik dan setelah kaos selesai, bisa langsung dipasarkan.

0 komentar:

Posting Komentar