Senin, 31 Oktober 2016

Tips Agar Lolos Interview Kerja

Mungkin bagi kalian yang fresh graduate banyak yang belum tahu kemungkinan apa saja yang keluar ketika interview dan cara pelaksanaannya. Lalu bagaimana menghadapi interview dan bagaimana cara mudahnya? Untuk itu kami merangkum beberapa tips menghadapi wawancara kerja agar kalian tak lama menjadi seorang fresh graduate yang pengangguran.
 
Beberapa tips yang bisa membawa kalian lolos interview adalah sebagai berikut :
1. Tunjukan bahwa kamu memiliki percaya diri yang tinggi
Untuk saat ini, kemampuan ini sering diutamakan oleh beberapa perusahaan. Jika kalian tidak memiliki kemampuan ini, maka kemungkinan besar kalian sulit lolos seleksi interview. Percaya diri bukan hanya untuk berkomunakasi dengan orang lain, akan tetapi juga berkaitan dengan penyelesaian tugas yang diberikan. Jika kalian tidak memiliki percaya diri yang tinggi, itu juga akan membuat kalian sulit berkomunikasi dan mungkin tugas kalian bisa terbengkalai.
2. Jangan pernah berikan jawaban TIDAK
Sering dijumpai dalam interview si penguji menanyakan tentang kemampuan yang di miliki. Jika kalian mendapat pertanyaan seperti itu maka jangan sampai kalian berkata tidak, mengapa? Jika kalian menjawab seperti itu, maka penguji sudah bisa menilai kalian dengan kemampuan itu dan mungkin saja si penguji mengaggap kalian tidak layak kerja ditempat tersebut. Bukannya berbohong, kalian cukup menjawab “bisa”, lagipula selama selang waktu sebelum kerja hari pertama kerja, kalian bisa belajar kemampuan tersebut.
3. Jawab sesuai pertanyaan yang diberikan
Pada hal satu ini, banyak diantara kalian yang menjawab pertanyaan interview dengan bertele-tele. Padahal jika kalian tahu, hal tersebut bisa memberikan penilaian buruk. Hal itu juga dianggap oleh kebanyaakan penguji ‘pintar beralasan’. Lebih baik kalian menjawab pertanyaan dengan apa adanya. Nah, jika diminta untuk menjelaskan, barulah kalian menjelaskan secara detil. Dengan seperti itu kalian terlihat professional.
4. Berikan motivasi masuk di perusahaan tersebut
Jika ditanya apa motivasi kalian bekerja ditempat ini, kalian bisa menjawab sesuai dengan pekerjaan yang kalian lamar. Jangan sampai kalian memberikan jawaban yang bersifat negative, secara otomatis penguji akan mengaggap buruk kalian.
Itulah beberapa tips agar lolos interview, semoga kalian diberikan kemudahan saat interview. Semoga beruntung~

0 komentar:

Posting Komentar