Selasa, 04 Oktober 2016

5 Tips Menghadapi Ujian

Hai, sepertinya bulan-bulan ini mendekti ujian ya. Tentunya ujian akan sangat mempengaruhi IPK kalian. Karena melalui ujian juga menjadi tolak ukur para dosen tentang kemampuan mahasiswanya. Tak sedikit mahasiswa yang melakukan kecurangan agar dipandang baik oleh dosen pembimbing. Jika tidak ketahuan bisa dikatakan itu suatu hak yang beruntung. Tapi bagaimana jika ketahuan? Wah, masalah akan semakin besar nampaknya. Akar kalian bisa mengerjakan ujian dengan lancar dan jujur serta mudah, berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan :


1.Pahami Materi Yang Diajarkan Dosen
Dengan memahami materi yang telah dosen ajarkan akan memudahkan kalian mengerjakan soal-soal ketika ujian berlangsung. Selain itu, tak jarang dosen yang memberikan soal-soal yang mengecoh pikiran kalian. Nah maka dari itu selain memahami materi yang diajarkan dosen ketika kuliah, kalian juga memahami materi tambahan dengan membaca buku yang masih ada kaitannya dengan materi kuliah tersebut. Jika kalian sudah mengetahui kuncinya, memahami materi itu tidaklah sulit. Jadi temukan bagaimana cara kalian memahami materi tersebut.
2. Belajar Dari Buku Catatan
Mungkin banyak yang menganggap bahwa menulis catatan itu sudah ketinggalan jaman karena ini sudah masuk dalam era digital jadi ya tinggal copy dan paste saja. Padahal, jika kalian mendengarkan kemudian mencatan poin-poin yang diberikan dosen kemungkinan besar kalian lebih memahami materi tersebut daripada mahasiswa yang tidak mencatat. Selain itu, kalian juga bisa belajar kembali dirumah dengan catatan tersebut untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.
3. Membuat Rangkuman
Setelah membaca kembali materi untuk ujian, ada baiknya jika kalian membuat rangkuman agar belajar kalian lebih terarah. Dengan membuat rangkuman akan memudahkan kalian dalam belajar. Tak perlu membuat rangkuman yang panjang, cukup garis besarnya saja dan membuat kalian mengerti.
4. Kembangkan Materi Dengan Bahasa Sendiri.
Seperti dijelaskan di poin ketiga, buatlah rangkuman materi. Buatlah rangkuman dengan Bahasa kalian sendiri, kembangkanlah materi tersebut hingga kalian paham betul apa inti dari materi tersebut. Perlu diingat, dalam mengembangkannya gunakan bahasa kalian sendiri dan jangan sampai out of topic yang diberikan oleh dosen.
5. Berdoa Sebelum Dan Sesudah Ujian
Hal paling tidak bisa kalian tinggalkan adalah berdoa. Tanpa berdoa mungkin saja belajar kalian akan sia-sia, karena lulus atau tidaknya kalian semuanya kehendak-Nya.
Oke, cukup sekian tips menghadapi ujian, semoga kalian bisa mendapatkan IPK yang tinggi. Amiin.

0 komentar:

Posting Komentar