Rabu, 07 September 2016

Mau Masuk Jurusan Teknik Informatika? Kalian Harus Punya Ini


Mungkin banyak yang bertanya, apakah menjadi mahasiswa teknik informatika harus jago dalam ilmu komputer? Kalau menurut saya sih nggak juga ( menurut saya lho ), kuliah di teknik informatika nggak harus jago komputer. Tidak pernah mengoperasikan komputerpun juga bisa masuk teknik informatika kok. Hampir sebagian besar, mahasiswa teknik informatika mengenal pemrograman ketika ia berada di bangku kuliah dan banyak mahasisiwa yang tidak mengerti bahasa pemrograman sebelum masuk kuliah tapi setelah masuk kuliah bisa jago dalam hal tersebut.

Well, teknik informatika itu sebgaian besar tentang matematika dan logika, tapi bukan berarti yang belum atau tidak jago dalam hal tersebut tidak masuk jurusan informatika.

Lalu apa saja yang dibutuhkan jika ingin masuk jurusan informatika. Terus simak artikel ini yaa.

  • Niat
Ketika kalian ingin masuk jurusan teknik informatika, hal pertama yang harus kalian butuhkan adalah NIAT. Ingin saja tak cukup jika tanpa niat, karena niat juga yang pada akhirnya akan menentukan jalannya kuliah kalian. Bagi kalian yang sudah masuk teknik informatika juga tetap menentukan niat, niat untuk lulus agar tidak terlalu lama jadi mahasiswa hehe.

  • Target
Jika kalian memang berniat dan berminat untuk di jurusan teknik informatika, lebih baik mulai dari sekarang kalian menentukan target apa yang ingin kalian capai. Mengapa harus mempunyai target? Ya karena kesuksesan itu “begin with the end”. Dengan kalian menentukan target yang akan dicapai, kalian tidak akan kebingungan melangkah maju.

  • Semangat dan tekad
Ketika memilih jurusan passion memang penting, namun perlu diingat passion bukan segala-galanya loh. Percuma saja jika mempunyai passion akan tetapi tidak mempunyai semangat dan tekad. Bisa dibaratkan semangat dan tekad itu bahan bakar sebuah mobil, percuma saja dong jika sebuah mobil tidak mempunyai bahan bakar. Jadi selama kalian mempunyai semangat dan tekad, kuliah kalian bisa berjalan lancar hingga hari kelulusan nanti.

  • Manajemen waktu
Ini adalah kemampuan yang penting kalian punya menjadi mahasiswa. Apalagi jurusan teknik yang sibuk karena mempunyai jadwal praktikum yang seambrek. Kalian harus bisa pintar dalam membagi waktu, bisa dibilang masa kuliah adalah proses menuju dewasa menjadi pribadi yang mandiri.

  • Kerja PART TIME
Kenapa harus kerja part time? Karena hal itu bagi anak teknik informatika bisa dimanfaatkan untuk mengasah skill. Karena ilmu yang kita pelajari di kampus adalah dasar-dasarnya saja, dan melalui kerja part time kalian bisa banyak belajar. Jika kalian ingin mahir, maka sering-seringlah bereksplorasi sendiri. Selain kalian mendapat ilmu baru, tentu kalian juga akan mendapatkan uang.

Pada dasarnya hal-hal diatas bukan hanya untuk anak teknik informatika hehe, karena jurusan apapun resep suksesnya sama. Jadi semangat ya kawan, semoga cepet wisuda. Aamiin.

2 komentar: