Jumat, 26 Agustus 2016

Tips Menghadapi Skripsi Untuk Mahasisiwa Tingkat Akhir


Jika artikel sebelumnya kami membahas tentang mahasiswa baru, rasanya kurang lengkap saja jika mahasiswa tingkat akhir tidak dibahas juga. Kali ini kami akan membahas untuk para mahasiswa tingkat akhir yang sibuk mengerjakan skripsi. Hal ini hampir sama dengan transisi masa SMA menuju bangku kuliah, mahasiswa tingkat akhir juga mengalami transisi dari bangku kuliah menuju ke sidang kelulusan dan mendapatkan pekerjaan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan dimasa transisi sebagai mahasisiwa akhir. 

Rencanakan kapan mau lulus
Rencanakan kapan kamu mau lulus kuliah. Ada 2 hal yang berkaitan dengan perencanaan kelulusan, tingkat kesulitan topik tugas akhir dan rencana pengerjaan skripsi. Biasanya dosen pembimbing yang baik akan memperkirakan kemampuan mahasiswanya dan target kapan mahasiswa itu lulus. Jika target lulusnya akhir tahun, wajar saja jika topik skripsi lebih sulit jika dibandingkan dengan target wisuda di awal tahun ajaran (disesuaikan dengan wisuda di awal dan akhir tahun ajaran).

Bijak dalam memilih topik skripsi
Banyak mahasiswa tingkat akhir yang tidak menyukai topiknya sendiri, atau bahakan sudah tidak memiliki semangat melanjutkan skripsinya karena sudah muak dengan topik tersebut. Hal ini bisa terjadi pada mahasiswa tingkat akhir karena belum melakukan studi terlebih dahulu terhadap topik yang dipilhnya. Jadi pilihlah topik skripsi secara bijak. Jangan yang terlalu mudah, dan jangan yang telalu sulit.

Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya
Biasanya skripsi dikerjakan saat SKS sudah sedikit atau mungkin sudah tidak ada. Tentunya mahasisiwa akan memiliki banyak waktu. Jika waktu dikelola dengan baik, ini akan menjadi sumber yang berharga ketika mengerjakan skripsi. Waktu yang fleksibel itu juga sangat mempermudah untuk mengerjakan skripsi kapan saja. Namun jangan sampai ditunda-tunda.

Jangan menghindar dari dosen pembimbing
Mahasiswa yang menghindar dari dosen pembimbing biasanya karena dia malu tidak ada progress. Perlu diingat, bemulai dari hal kecil inilah akan menimbulkan rasa malas untuk mengerjakan skripsi. Jika dalam pengerjaan skripsi mengalami kesulitan, lebih baik segera konsultasikan dengan dosen pembimbing kamu. Sehingga kamu bisa segera menyelesaikan skripsi dan segera lulus.

Selesaikan skripsi secepatnya
Dalam mengerjakan skripsi, pasti akan menemukan satu masalah yang muncul pada skripsimu. Jika hal ini muncul pada skripsimu, maka masalah itu jangan dibiarkan saja. Ada baiknya untuk dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan segera diselesaikan.

0 komentar:

Posting Komentar