Kamis, 18 Agustus 2016

Tips Memilih Jurusan yang Tepat


Kuliah adalah salah satu jalan yang pas bagi kalian untuk menuntun menuju masa depan yang sukses. Lebih baik setelah lulus dari SMA ataupun SMK kalian melanjutkan ke perguruan tinggi daripada hanya berdiam diri di rumah. Dengan berkuliah kalian akan lebih terbimbing dan mempunyai pengetahuan yang luas tentang jurusan yang nantinya akan kalian ambil di perguruan tinggi. Maka dari itu jangan menyepelekan saat memilih jurusan yang akan kalian ambil nanti, karena hal itu akan menunjang keberhasilan kalian. 

Berikut adalah tips dalam memilih jurusan yang tepat bagi kalian :

Sesuaikan dengan minat kalian
Minat dalam memilih jurusan adalah salah satu faktor terpenting. Kuliah sesuai dengan minat tentunya akan lebih memudahkan kalian dalam menangkap pembelajaran dan memberikan semangat saat mengikuti pembelajaran. Kalian bisa memilih jurusan sesuai dengan hobi kalian. misal saja jika kalian hobi dalam pemrograman, maka ada baiknya jika kalian mengambil jurusan Sistem Informasi bukan malah mengambil jurusan teknik mesin atau bahkan perpajakan. Jadi pertimbangkan dengan betul minat kalian.

Pertimbangkan saran dari orang lain
Kalian jangan menyepelekan saran dari orang lain dalam menentukan jurusan, apalagi saran dari orang tua. Mengapa harus mempertimbangkan saran dari mereka? Ya karena mereka adalah orang terdekat kalian, mereka lebih tahu mana yang cocok untuk kalian. Tentunya mereka akan menyarankan kalian pada jurusan yang cocok, bukannya malah menjerumuskan.

Sudah cocokah dengan keahlian kalian?
Saat kalian memilih jurusan itupun harus memiliki alasan. Jangan asal-asal dalam memilih jurusan, apalagi jika jurusan yang kalian ambil tidak sesuai dengan keahlian kalian. Kembali ke nomer 2, saat memilih jurusan pertimbangkan terlebih dahulu dengan orang tua kalian. Misal saja keahlian kalian dibidang Kebugaran Jasmani tetapi kalian berminat di jurusan Sistem Informasi. Itu hal yang sangat disayangkan, meski kalian merasa senang dan mendapatkan tantangan baru. Tetapi jika kalian tidak serius, maka masalah akan datang pada kalian. Sebaiknya pilihlah jurusan yang sesuai dengan keahlian kalian, dan kalian akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena kalian sudah mempunyai keahlian tersebut.

Perhatikan budget kalian
Setiap perguruan tinggi yang bagus biasanya memiliki biaya yang cukup tinggi. Kalian harus mempertimbangkan, apakah kalian sanggup untuk membayar biaya kuliah. Atau mungkin kalian bisa kuliah sambil bekerja sampingan. Dengan penghasilan tersebut bisa kalian gunakan untuk membayar kuliah.

Hal-hal diatas adalah beberapa tips dalam memilih jurusan. Semoga kalian tidak salah pilih jurusan.

0 komentar:

Posting Komentar