Senin, 22 Agustus 2016

Langkah Jitu Mendongkrak Nilai IPK

Mempunyai IPK tinggi merupakan idaman kebanyakan mahasiswa. Memang benar IPK tinggi bukanlah segalanya, namun pada beberapa perusahaan tertentu IPK menjadi bahan perhitungan untuk seleksi. Maka bagi kalian yang memiliki IPK rendah, apalagi hanya dua koma, sudah saatnya untuk mendongkrak IPK agar bisa naik. Sebelum kalian menaikan IPK, sangat dianjurkan untuk mengasah soft skill. Karena soft skill yang membuat karir kalian melesat.


Berikut akan kami bahas langkah untuk menaikan nilai IPK. Tentunya syarat utamanya adalah kalian masih di semester awal. 

1. Menulis target IPK di tiap semester

Tips pertama agar mendapatkan nilai IPK yang tinggi adalah dengan menulis target nilai IPK yang akan dicapai. Tuliskan target nilai kalian di dinding kamar, depat pintu atau dijadikan sebagai wallpaper handphone kalian. Sehingga kalian akan ingat target yang harus kalian capai setiap kali membuka handphone. Tulis saja target nilai dengan mantap. Jangan hiraukan omongan orang lain,  toh target kalian tidak merugikan mereka bukan.

2. Prioritaskan kuliah dan pengerjaan tugas

Anak kuliah biasanya hidup jauh dari orang tua, jauh pula dari pengawasan. Maka sering ada godaan untuk bebas sesuai dengan keinginannya. Jika hal itu datang kepada kalian maka segeralah berhenti dan fokus pada kuliah kalian jika menginginkan nilai IPK yang tinggi. Caranya yaitu dengan rajin masuk kuliah agar tidak ketinggalan materi kuliah. Kemudian jangan lupa memprioritaskan pengerjaan tugas yang diberikan. Jangan menunda-nunda pekerjaan.

3. Berlatih soal-soal ujian

Tips selanjutnya yang dilakukan agar nilai IPK bagus adalah dengan berlatih soal-soal ujian. Dengan banyak berlatih soal-soal ujian, akan membiasakan kalian dan menguasai materi kuliah. Kalian bisa mendapatkan soal-soal itu dari dosen atau senior di kampus.

4. Sering Membaca materi kuliah

Sebaiknya kalian sering-sering membaca materi kuliah yang telah diajarkan. Hal ini dilakukan untuk kembali mengulang materi kuliah yag sudah diajarkan dosen. Sebagai antisipasi juga jika kalian ditanyai dosen tentang materi kuliah yang sudah diajarkan. Waktu yang nyaman mengulang materi kuliah adalah sebelum shubuh. Pada saat itu pikiran sudah kembali fresh dan suasananya yang masih hening.

5. Berdoa dengan sungguh-sungguh

Langkah yang paling penting agar nilai IPK kalian tinggi adalah berdoa dengan sungguh-sungguh. Berdoa dengan penuh harapan, agar dibantu dalam mewujudkan mimpi menggapai nilai IPK yang tinggi. 

Itulah 5 langkah untuk meningkatkan nilai IPK, semoga kalian bisa berlari meningkatkan nilai IPK yang tinggi dan sukses dikemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar