Kamis, 14 Juli 2016

Malas Menjauhlah Dariku Yang Mau Ke kampus ini!


Disadari atau tidak, salah satu penyebab gagalnya seorang mahasiswa adalah ketidakmampuan dirinya dalam melawan rasa malas.

Kenapa rasa malas ini terus muncul?

Rasa malas ini terus muncul karena mindset yang tidak baik terhadap kampusnya, bisa juga karena kejenuhan, kurangnya motivasi atau lingkungan yang kurang mendukung. Atasilah rasa malas ini secepat mungkin, jangan ditunda, apalagi dipelihara. Karena apabila dibiarkan berlarut-larut justru akan berdampak negatif pada semakin lamanya dia mendapatkan gelar sarjana. 
Tidak mau kan hal itu terjadi? Ingin tau cara menghilangkan rasa malas ?
Yuk baca tips dibawah ini.

1.       Motivasi Diri
Motivasi tidak bisa diciptakan oleh orang lain, karena sumber dari segala motivasi adalah dirimu sendiri. Atasilah rasa malas secepat mungkin, jangan ditunda, apalagi dipelihara. Kamu perlu banget untuk memotivasi diri sendiri. Buat pola pikir bahwa rajin ke kampus merupakan hal utama untuk mencapai cita-cita dan kesuksesan.

Hal lain yang bisa memotivasimu adalah kehadiran seorang penyemangat, entah itu sahabat ataupun seorang kekasih. Dengan adalah orang-orang ini maka semangatmu untuk datang ke kampus akan semakin membara.

Ingatlah seberapa penting kuliah bagi kesuksesan masa depanmu. Walaupun sarjana bukan merupakan penentu kesuksesan seseorang, namun gelar sarjana akan semakin membuka peluangmu untuk mencapai pintu kesuksesan selebar-lebarnya.

Ingat pula orang tuamu, mereka sudah bekerja keras dan pontang-panting sana sini untuk mencari biaya kuliahmu, lalu apakah kamu akan menyia-nyiakan kesempatanmu begitu saja? Setega itukah dirimu?

2.       Kurangi begadang dan cukupkanlah waktu tidurmu
Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari enam jam. Mengapa kita harus cukup tidur? Karena dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. Kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur. Tidur akan merileksasikan pikiranmu. Sehingga ketika kamu bangun, kamu akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
Apabila kita biarkan tubuh kita tetap berjaga di malam hari tidak akan berdampak positif dan justru membuat rasa kantuk di pagi harinya. . Rasa kantuk ini dapat membuat kamu sulit bangun dari tempat tidur. Jikalau brangkat dikampus pun yang ada  hanya lemas , lesu dan bahkan bisa saja tertidur dikelas. Jadi jangan biarkan malas menggerogoti semangatmu pergi ke kampus.

3.       Jangan jadikan kuliah sebagai beban
Karena begitu banyak tugas yang harus diselesaikan membuat kita menjadi tidak fokus dan terkadang kesal karena menganggap kuliah menjadi suatu beban yang membuat depresi.
Padahal kuliah itu sangat menyenangkan. Untuk mengatasi kejenuhan maka memotivasi diri dalam hal ini sangat perlu agar apa yang ditargetkan ke depannya bisa segera tercapai. Dan jangan lupa senangilah kampusmu, jurusanmu dan semua yang ada di kampusmu. Karena dengan begitu semangatmu tak akan layu untuk terus pergi ke kampus.

4.       Aktif berorganisasi
Seseorang akan merasa betah berlama-lama di kampus karena merasa apa yang dicintainya ada di kampus. Jadi untuk mengatasi rasa malas ke kampus, carilah ekstrakurikuler yang menyenangkan, sehingga pada saat itu kamu akan menjadikan kampus sebagai rumah kedua setelah rumah yang sesungguhnya.

5.       Pikirkan apa yang akan terjadi jika kamu tidak ke kampus
Sementara berpikir tentang manfaat yang dapat memotivasimu, pikirkan juga tentang kerugian jika kamu tidak melakukan tugas-tugas tersebut. Apa konsekuensi jika kamu tidak melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan?

-Malas tidak akan pernah hilang dari diri seseorang, sebelum orang tersebut berusaha merubahnya sendiri-


Semoga bermanfaat untuk meraih suksesmu J

0 komentar:

Posting Komentar