Jumat, 15 Juli 2016

Magang Jalan Tol Bagi Mahasiswa Cari Kerja


Beberapa universitas memang mengharuskan mahasiswanya untuk melakukan magang selama beberapa bulan. Meskipun banyak mahasiswa sering mengeluh karena harus bekerja tanpa digaji, tempat magang yang cukup jauh dari rumah sehingga membutuhkan biaya ekstra, namun magang penting dan tetap dilakukan. Karena nyatanya sebuah keharusan magang untuk mahasiswa pada sebuah perusahaan bukanlah tanpa alasan. Mengapa? Ya tentu saja karena ada manfaat dibaliknya yang dapat dijadikan oleh para mahasiswa sebagai bekal mereka terjun ke dunia kerja nantinya. Sehingga sering kali magang di sebut jalan tol bagi mahasiswa untuk mencari sebuah pekerjaan. Lalu apakah saja manfaat dari magang tersebut? Berikut pembahasannya..
1.       Menambah Pengalaman Bekerja pada Mahasiswa
Selama magang, mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar banyak hal. Mereka juga akan menambah pengalaman yang suatu hari nanti bisa dipaparkan dalam surat lamaran kerja ketika mencari pekerjaan. Karena saat ini, cukup banyak pula perusahaan mencari karyawan yang sudah berpengalaman pada bidangnya. Sehingga magang merupakan kesempatan emas untuk memperoleh pengalaman itu sendiri.
2.       Dapat Membagi Waktu dengan Baik
Magang memang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Namun di situlah mahasiswa dilatih untuk membagi waktunya dengan baik. Jadi selain melatih kemampuan tertentu, mahasiswa bisa menjadi seseorang yang lebih disiplin ketika magang. Waktu sering kali dianggap remeh padahal akan menjadi hal yang sangat diperhitungkan ketika mahasiswa sudah memasuki dunia kerja nantinya.
3.       Mengasah Kemampuan
Mungkin tempat magang cocok dengan pekerjaan yang ingin dimiliki mahasiswa nanti. Jadi magang adalah cara yang tepat untuk mengasah kemampuan. Pembelajaran dari kelas pun bisa dipraktikkan di lapangan. Dengan begitu, mahasiswapun juga bisa lebih mendalami lagi bidang mereka dengan langsung mempraktikkannya, yang mungkin belum diberikan pada mereka ketika di kelas.
4.       Memperluas Jaringan Sosial
Magang artinya menemui banyak orang baru. Itulah kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk memperluas jaringan sosial mereka. Dengan demikian mahasiswa punya koneksi yang lebih banyak untuk dimintai bantuan ketika nantinya membutuhkan pekerjaan. Hal tersebut juga melatih mereka untuk tergabung dan bekerja dalam tim yang pasti akan mereka temui ketika sudah berada pada tempat kerja mereka yang sesungguhnya. Keterampilan untuk bekerja pada kelompok itulah yang akan membuat mereka nantinya akan mudah menjalin kerjasama dan komunikasi di tempat kerja.
5.       Memperlebar Pilihan
Ada pula pengalaman magang yang tidak mengenakkan. Meskipun demikian, mahasiswa tetap bisa mendapatkan sisi positif dari situ, yaitu membuat mereka berpikir bahwa ada banyak pekerjaan lain yang akan dilakukan nantinya. Merekapun juga akan terlatih untuk memilah dan memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan serta harapan mereka.
6.       Memenuhi Surat Lamaran Kerja
Seperti yang sudah disebutkan, magang termasuk salah satu aktivitas yang dihargai oleh perusahaan bagi pelamar kerja. Jika mahasiswa mencantumkan aktivitas magang yang dilakukannya, tentu mereka mendapatkan nilai plus dari situ. Sehingga semakin banyaknya pengalaman maka akan banyak nilai plus yang akan mereka dapatkan yang membuat mereka berpotensi besar di terima dalam sebuah perusahaan.

Itulah berbagai manfaat yang membuat mahasiswa membutuhkan magang untuk menunjang karir mereka. Jadi meskipun tidak digaji, kesempatan untuk melakukan magang perlu dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Karena siapa tahu dengan kinerja yang baik mahasiswa ketika magang akan membuat mereka dapat di terima kerja di tempat magang tersebut. Untuk itu, optimalkan kemampuan dan tunjukkan attitude terbaik ketika magang.

0 komentar:

Posting Komentar