Kamis, 16 Juni 2016

Kebiasaan Buruk Mahasiswa Angkatan Lama


Ternyata lamanya menjadi seorang mahasiswa bukan berarti tidak ada celah yang dapat dikritisi dari apa yang sudah kalian lakukan. Sebagai mahasiswa angkatan lama, tentunya kalian sudah lebih mengerti situasi dan kondisi kampus yang menaungi kalian. Kalianpun sudah paham kebiasaan, jadwal, dan karakter dosen yang akan mengajar. Karena itulah, adanya kebiasaan buruk yang terkadang mengganggu bahkan menghambat prestasi kalian harusnya mulai dihilangkan. Lebih baik kalian lebih fokus pada kuliah dan segera menyelesaikannya. Adapun beberapa kebiasaan buruk tersebut ialah..

1.       Titip Absen
Apabila ada seorang mahasiswa yang malas untuk berangkat kuliah, biasanya dia akan titip absen pada temannya yang berangkat. Mengapa harus demikian? Itu karena ada beberapa dosen yang melakukan penilaian melalui absensi sehingga jika tidak titip absen mahasiswa tersebut takut tidak lulus suatu mata kuliah. Rata rata perguruan tinggi mematok standar absensi 75% per mata kuliah. Namun, kebiasaan tersebut tidak baik untuk dilakukan. Karena selain tertinggal pelajaran, ia pun akan mendapat penilaian buruk dimata dosen meski absennya penuh.

2.       Cabut Ketika Kuliah Masih Berlangsung
Selain titip absen, kebiasaan buruk lainnya ialah cabut atau keluar terlebih dahulu sebelum jam kuliahnya selesai. Hal tersebut bisa disebabkan dari berbagai alasan yang dibuat buat oleh mahasiswa. Entah itu ada keperluan mendadak, bosan dengan mata kuliah atau dosennya, dan masih banyak yang lainnya.

3.       Ketiduran di Kelas
Kita memang memiliki hak untuk tidur karena diperlukan untuk mengistirahatkan seluruh syaraf yang ada ditubuh. Namun bukan berarti tertidur dikelas itu baik. Selain mengganggu konsentrasi belajar, kalianpun tidak akan mengerti materi yang telah disampaikan oleh dosen. Percuma saja bukan? Mungkin tidak akan terlalu berpengaruh untuk mereka yang pandai. Namun untuk mereka yang membutuhkan pemahaman lebih lama tentu akan sangat tertinggal.

4.       Demontrasi yang Tidak Jelas Arah dan Tujuannya
Demonstrasi memang sering di elu elukan oleh gerakan mahasiswa yang bertujuan membela kebenaran dan memperjuangkan hak rakyat. Mungkin untuk mereka yang benar benar melakukannya sesuai dengan perencanaan tidak akan ada masalah. Namun terkadang hal tersebut menjadi kebiasaan buruk karena ada pihak yang tidak bertanggungjawab yang hanya ikut ikut namun tidak tahu harus apa dan bertujuan untuk apa. Akhir akhirnya malah menjadi provokator dan terjadilah tindak anarkis. Hal trsebutlah yang sangat merugikan berbagai pihak.

Nah, kurang lebih begitulah kebiasaan kebiasaan buruk dari mahasiswa angkatan lama yang perlu kalian hilangkan. Daripada berbuat hal yang tidak perlu dan tidak jelas lebih baik kejarlah program program seperti program magang atau kuliah singkat keluar negeri yang akan memberikan pengalaman yang lebih berharga. Jangan sampai waktu kuliah kalian terbuang sia sia. Ingat! Penyesalan selalu datang di akhir. Jangan sampai kalian menyesal karena kurangnya keahlian ketika telah terjun ke dunia kerja nantinya. Mumpung belum terlambat, perbaikilah kebiasaan tersebut dan carilah pengalaman dan ilmu sebanyak mungkin yang akan mendukung karir kalian di masa mendatang.


0 komentar:

Posting Komentar