Kamis, 09 Juni 2016

Kebiasaan Buruk Mahasiswa Angkatan Baru


Meskipun masih menyandang nama mahasiswa baru, kalian juga harus mempersiapkan rencana dan strategi untuk beberapa tahun ke depan. Karena bagaimana cara kalian menjalani masa masa sebagai mahasiswa baru nantinya akan dapat mempengaruhi kehidupan perkuliahan kalian beberapa tahun mendatang. Carilah cara yang dapat menjadi dasar yang cukup kuat di semester awal agar di tahun berikutnya dapat lebih stabil dan meningkat setiap tahunnya. Hindari pula kebiasaan kebiasaan buruk yang biasa kalian lakukan dan belajar lah untuk lebih mandiri dalam segala hal. Sering kali meskipun sudah menjadi mahasiswa, masih saja ada beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan. Apa saja? Berikut beberapa diantaranya.

1.       Mengulur Waktu dan Menunda Pekerjaan
Jika diberi tugas kuliah otomatis kalian juga akan diberi waktu untuk mengerjakannya. Namun, sebagian besar selalu saja menunda waktu pengerjaan dan bersantai. Baru ketika sehari sebelum tugas akan dikumpulkan mereka baru sibuk mengerjakannya. Dan alasannya kurang lebih hampir sama yaitu lelah atau mengantuk. Sehingga rasa malaspun datang dan tugas belum tersentuh.
Nah,hilangkan lah kebiasan buruk ini, dengan mencicil sedikit demi sedikit tugas yang diberikan. Sehingga tugas cepat selesai dan tidak banyak waktu yang terbuang untuk hal yang tidak perlu.

2.       Mencontek
Mungkin dulu ketika masih mengenakan seragam sekolah kalian masih sering meminta bantuan teman alias mencontek, sekarang segeralah buang kebiasaan itu dan belajarlah dengan sungguh sungguh. Mulai untuk mengerjakan semua tugas kalian secara mandiri agar ke depannya kalian tidak kesulitan dan terbiasa. Kebiasaan buruk memang sulit untuk dibuang, apalagi untuk kebiasaan yang satu ini. Tapi cobalah dorong diri kalian agar merubah kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan yang lebih baik.

3.       Meminta Remidi atau Perbaikan Nilai
Asalkan kalian mengikuti seluruh aturan yang diberikan oleh dosen yaitu dengan mengumpulkan semua tugas dan juga mengerjakan semua kuis dan ujian yang diberikan, maka dapat dipastikan nilai kalian aman. Karena masa kuliah tidak akan sama dengan masa sekolah dibawahnya. Kalian tidak akan mudah dalam meminta ujian ulang ataupun perbaikan nilai (remidi). Maka dari itu, lebih baik bangun dan jagalah hubungan baik kalian dengan dosen. Jika kalian rajin, mengikuti aturan yang berlaku, serta memiliki hubungan baik dengan dosen, maka tidak perlu diragukan lagi bahwa kalian akan mendapat nilai yang bagus dan cukup tinggi.

4.       Terlalu Banyak Mengikuti Ekstrakulikuler
Ketika masih sekolah pada jenjang SD, SMP, atau SMA, mungkin kalian masih diperkenankan untuk mengikuti beberapa atau bahkan semua ekstrakulikuler yang kalian sukai. Namun tidak ketika kuliah. Kalian lebih disarankan untuk memilih satu saja ekstrakulikuler yang sesuai dengan minat dan ketertarikan kalian saja. Meskipun diperbolehkan, kalian juga harus selektif mengingat jadwal kuliah kalian yang sudah cukup padat. Kalian perlu mempertimbangkan ketersediaan waktu luang yang kalian miliki untuk dibagi dalam menjalani kegiatan lainnya seperti ekstrakulikuler, beristirahat, dan hang out bersama dengan teman teman kalian.

5.       Masih Meminta Bantuan Orang Tua
Jika saat sekolah dulu kalian masih selalu bergantung kepada orang tua untuk membangunkan kalian tidur, membuat sarapan, atau mengantar jemput kalian, kini kalian harus membuang kebiasaan tersebut untuk hidup mandiri dan jauh dengan orang tua. Karena tidak semua tempat kuliah dekat dengan rumah sehingga membuat kalian harus tinggal terpisah dengan orang tua. Untuk itu biasakanlah hidup mandiri dan melakukan semuanya sendiri. Memang awalnya cukup berat, namun lama kelamaan pasti kalian akan terbiasa.


Masih kekanak kanakan sekali bukan? Meskipun terkadang kita membutuhkan bantuan orang lain, namun tidak selamanya orang tersebut dapat membantu dan selalu meminta bantuan. Mengapa tidak kita kerjakan sendiri dengan usaha sendiri bukankah akan lebih baik? Apalagi orang tua kita yang mungkin kini sudah memiliki keterbatasan pengetahuan dan kemampuan dibawah kita. Jadi jangan sampai merepotkan mereka lagi. Berusahalah mandiri dan mengerjakan semua yang dibutuhkan sendiri. Hei! kalian sudah menjadi mahasiswa yang tinggal beberapa langkah lagi untuk bisa terjun ke dalam dunia kerja. Jadi hindarilah kebiasaan buruk mahasiswa angkatan baru di atas dan fokuslah untuk segera meyelesaikan kuliah kalian.

0 komentar:

Posting Komentar