Kamis, 02 Juni 2016

Jurusan Penghasil Uang Terbanyak Versi 2015


                Sebelum memilih jurusan untuk kuliah, kalian pasti mempertimbangkan banyak hal bukan sebelum akhirnya mengambil sebuah keputusan?

                Pasti salah satu yang menjadi pertimbangan kalian adalah penghasilan atau gaji yang akan kalian dapat ketika telah lulus nanti, benar?

                Lalu menurut kalian, jurusan apa yang kira kira akan masuk predikat “Jurusan Penghasil Uang Terbanyak Versi 2015” ini? Kedokterankah? Atau mungkin ilmu sosial?

                Namun yang perlu kalian tahu, kedua jurusan tersebut ternyata tidaklah masuk ke dalam  kategori Jurusan Penghasil Uang Terbanyak Versi 2015 lho.. Padahal biaya yang dikeluarkan untuk kuliah pada jurusan tersebut bisa dibilang mahal. Lantas jurusan apa saja yang masuk dalam kategori tersebut? Berikut ulasannya..

1.       Teknik Perminyakan
                Sesuai data yang telah kami riset, ternyata jurusan teknik perminyakanlah yang menempati posisi pertama kategori jurusan penghasil uang terbanyak. Di Indonesia sendiri, gaji yang akan didapat bisa melebihi angka 17 juta rupiah. Mengapa demikian? Karena nyatanya saat ini dunia Oil And Gas adalah usaha yang merupakan sumber yang memiliki keuntungan terbesar. Standar gaji perusahaan minyak yang ditetapkanpun juga sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa resiko yang dapat mempengaruhi faktor keselamatan dan kesehatan. Pada jurusan ini, kalian akan mempelajari apa saja yang berkaitan dengan minyak. Misalnya pencarian minyak, pengolahan minyak, pengeboran minyak, gas bumi, panas bumi, dan masih banyak lagi. Beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini adalah ITB, UPN, dan Trisa.

2.       Teknik Pertambangan
                Sementara pada urutan kedua, teknik pertambanganlah yang menempatinya. Penghasilan yang dapat kalian peroleh berkisar antara 12 – 15 juta rupiah. Pada jurusan pertambangan, kalian akan mempelajari seputar dunia pertambangan yaitu pencarian, identifikasi, pengolahan, bahan-bahan tambang, perencanaan dan pelaksanaan penambangan bahan galian perusahaan aneka tambang. Universitas yang menyediakan Jurusan Teknik Pertambangan beberapa diantaranya ialah ITB, Trisakti, UNHAS, UPN, Unsri, UNLAM, UNMUL, Universitas Cenderawasih, serta Universitas Bangka Belitung.

3.       Teknik Geofisika
                Untuk teknik geofisika, gaji yang didapat kira kira 12 juta rupiah dan menempati posisi ketiga kategori ini. Sebenarnya memang cukup setara dengan kesulitannya apa saja yang didapatkan pada jurusan ini. Kalian tahukan kalau pelajaran geologi saja sudah susah? Apalagi ditambah dan dicampur dengan fisika. Perbedaan antara geologi dengan geofisika ialah terletak dari metode yang digunakannya. Untuk geofisika lebih mempelajari bumi dengan menggunakan metode dan konsep fisika dasar dan terapan sehingga akan lebih sulit. Universitas yang menyediakan jurusan ini diantaranya ialah ITB, ITS, UGM, UNPAD, UNHAS, UPN, UNSYIAH, UNTAN, dan UNCEN.

4.       Teknik Geologi
                Karena teknik ini sedikit lebih ringan dibandingkan dengan teknik geofisika maka teknik ini menempati posisi keempat tepat dibawah teknik geofisika. Gaji yang akan diterima jika mempelajari jurusan ini berkisar antara 11 – 12 juta rupiah. Seperti yang sudah kalian tahu, geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi. Oleh karena itu, untuk kalian yang terjun dalam jurusan ini akan bertemu dengan yang namanya proses pembentukan bumi, gempa, gunung api, panas bumi, pelapukan, metamorfisme, erosi, batuan, mineral, tanah, dan masih banyak lagi dalam mempelajarinya. Beberapa universitas yang menyediakan Jurusan Teknik Geologi diantaranya ITB, UGM, Undip, UNHAS, Unpad, UPN, Trisakti, dan Unsoed. Untuk kalian yang tertarik dengan jurusan ini, haruslah bermental dan berfisik yang kuat. Karena praktek lapangan pada jurusan ini tidaklah main main dan sangat berbahaya.

5.       Teknik Kimia
                Sedangkan yang menempati urutan kelima ialah jurusan teknik kimia. Teknik kimia merupakan ilmu teknik yang mempelajari pengembangan dan penguasaan teknologi kimia dan fisika di dalam produksi, transformasi, transportasi, dan industri. Jadi jika kalian tertarik untuk masuk ke dalam jurusan ini siapkan mental kalian untuk mengahadapi semua pelajaran kimia yang akan kalian dapatkan, apalagi buat kalian yang dulu semasa SMA kurang menyukai pelajaran kimia. Sebab, pelajaran ini akan cukup menguras pikiran kalian nantinya. Namun usaha tersebut tidak akan sia – sia, karena gaji yang akan didapat sekitar 11 juta rupiah. Kalian dapat menemui jurusan ini dibeberapa universitas di Indonesia diantaranya adalah ITB, ITS, UGM, UI, Unilam, Unnes, UPN, Unriau, UNS, Unsri, USU, Unsyiah, dan Undip.

6.       Teknik Elektro
                Jurusan penghasil uang terbanyak selanjutnya ialah jurusan teknik elektro atau elektronika. Jurusan ini mempelajari apapun yang berkaitan dengan listrik. Seperti gejala kelistrikan, ketenagaan listrik, listrik arus kuat/lemah, dan masih banyak lagi. Adapun beberapa pengetahuan pendukung yang dibutuhkan untuk menunjang jurusan ini diantaranya matematika, fisika, sains, komputasi, dan dasar-dasar teknik. Gaji yang dapat diperoleh berkisar antara 10 – 11 juta rupiah. Untuk universitas yang menyediakan jurusan ini, sebenarnya hampir semua universitas dan perguruan tinggi di Indonesia menyediakannya. Misalnya ITB, UI, UGM, ITS, Unibraw, Undip, STEKOM, Unhas, dan Unsoed. Tinggal kalian saja yang menentukan ingin masuk ke perguruan tinggi yang mana.

7.       Teknik Metalurgi
                Kalian pasti akan sedikit asing jika mendengar kata metalurgi bukan? Lalu apakah yang dimaksud dengan metalurgi?
                Metalurgi merupakan jurusan yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan logam, mencari dan mengolah bahan yang dapat menjadi logam misalnya. Untuk kepentingan itulah sebuah industri memerlukan pekerja dari anak anak teknik metalurgi. Gaji yang didapatkan dari jurusan ini kira kira sekitar 8 – 10 juta rupiah. Tidak banyak universitas atau perguruan tinggi yang menyediakan jurusan tersebut. Di Indonesia sendiri juga hanya ada beberapa saja, diantaranya ialah ITB, ITS, dan UI.


                Kira kira itulah beberapa jurusan yang dapat menghasilkan uang terbanyak versi 2015. Untuk jurusan lain biasanya bisa mendapatkan gaji sekitar 8 juta untuk jurusan teknik kelautan, dan dibawah 8 juta untuk jurusan lainnya. Itu saja masih di Indonesia ya teman teman. Jika diluar Indonesia, mungkin kalian akan mendapatkan lebih. Seperti misalnya pada tahun 2012 saja, jurusan teknik perminyakan di Amerika mendapat gaji rata rata 97.900 USD atau sekitar 828,9 juta rupiah per tahunnya untuk pemula. Sedangkan yang sudah berpengalaman selama 15 tahun, gajinya bisa mencapai 155 ribu USD atau setara dengan 1,3 milyar rupiah per tahun. Wah... banyak banget kan.. Belum sekarang sudah 3 tahun berlalu dan nilai tukar rupiah bisa saja berubah menjadi lebih tinggi. Lalu berapa ya gajinya pada tahun ini? Kalian pasti dapat membayangannya sendiri. J

0 komentar:

Posting Komentar