Kamis, 19 Mei 2016

Jangan Habiskan Prime Timemu Hanya Untuk Cari Beasiswa


Sebagai seorang mahasiswa, jadwal kalian untuk masuk ke kelas akan jauh lebih fleksibel dibandingkan saat masih sekolah di jenjang SD, SMP, atau SMA. Kalianpun akan lebih memiliki banyak waktu luang yang dapat kalian gunakan dan kembangkan untuk bersenang senang bersama teman atau meningkatkan kemampuan dalam diri kalian.

Ketika kuliah nanti, kalian juga akan menemukan banyak program seperti program beasiswa yang dapat kalian gunakan untuk meringankan beban pembayaran uang kuliah. Namun sayangnya, apabila ada mahasiswa yang berambisi untuk mengejar program beasiswa maka iapun akan mengorbankan banyak waktu luang dan waktu kuliahnya untuk mendapatkan program tersebut. Padahal masih banyak hal lain yang dapat dikerjakan dan dilakukan lho. Apa saja sih? Coba yuk kita simak yang berikut ini..

1.       Menggali Sisi Lain dari Dirimu
Gali lah sisi lain dari dalam diri kalian dan beranikan diri kalian untuk merasakan hal baru yang selama ini terlalu takut untuk kalain coba. Misalnya dengan mengikuti kelas olahraga, bela diri, belajar bermain gitar atau alat musik lainnya, mendalami bahasa asing, atau mungkin berpartisipasi dalam gerakan kemanusiaan yang ada disekitar kalian. Lakukan sebanyak mungkin kegiatan yang bisa menggali sisi lain dari diri kalian, karena siapa tahu ternyata salah satu dari kegiatan tersebut adalah bakat terpendam kalian.

2.       Aktif di Dalam Organisasi atau Kegiatan Kampus
Dengan aktif di dalam kegiatan atau organisasi kampus akan memberikan kalian banyak manfaat. Selain dapat menambah kenalan teman baru, dengan mengikuti organisasi akan membuat kalian mendapatkan banyak pengalaman yang berharga. Pengalaman tersebut akan berguna untuk melatih jiwa kepemimpinan dan keahlian yang diperlukan ketika kalian sudah terjun ke dunia kerja nanti.
Mulai dari mengikuti kepanitiaan acara kecil-kecilan di kampus dan berikutnya coba untuk memberanikan diri mendaftar menjadi anggota organisasi kampus, seperti himpunan mahasiswa jurusan atau bahkan badan eksekutif mahasiswa. Namun ingat, jika sudah bergabung jangan sampai menjadi anggota yang pasif. Aktiflah menuangkan ide-ide kreatif dalam setiap pertemuan dan kembangkan pemikiran kalian untuk berpikir secara kritis.

3.       Menjalin Hubungan Akrab Dengan Dosen
Dosen dapat menjadi teman diskusi yang seru dan menyenangkan. Dengan mengobrol empat mata dengannya, kalian akan mendapatkan segudang pengetahuan darinya. Hal tersebut tentu tidak bisa kalian dapatkan seperti di dalam kelas biasanya. Oleh karena itu, cobalah untuk menjalin hubungan akrab dengannya yang pastinya akan banyak manfaatnya untuk kalian. Dan untuk kalian yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S2, jika sudah akrab dengan dosen juga memiliki keuntungan tersendiri lho. Kalian akan dengan mudah mendapatkan surat rekomendasi yang berguna sebagai syarat pendaftaran pendidikan Master. Bagaimana? Tidak ada ruginya bukan?

4.       Menunjukkan Bakat Dalam Diri
Jika kalian memiliki bakat untuk memainkan alat musik atau memiliki suara yang merdu, jangan malu dan ragu untuk memamerkan bakat itu. Apalagi kalau dengan bakat itu kalian bisa menghibur orang lain dan bisa mendatangkan penghasilan. Banyak ajang yang bisa kalian manfaatkan untuk menunjukkan bakat terpendam kalian itu. Misalnya seperti acara kampus, tampil sukarela di acara ulang tahun teman, atau ikut kompetisi yang banyak diselenggarakan. Biarkan orang lain tahu apa yang kalian bisa lakukan dan jangan disimpan untuk diri kalian sendiri. Tunjukkan lah!

5.       Mulai Untuk Menulis
Ketika kuliah, kalian tentu akan disibukkan dengan berbagai tugas yang kebanyakan berupa esai. Agar ide kalian tidak buntu, mulailah untuk rutin menulis. Misalnya melalui blog atau kolom majalah kampus. Semakin sering kalian menulis, otak kalianpun akan terbiasa untuk mencari ide ide baru yang lebih kreatif. Struktur menulis kalianpun semakin membaik dan pembendaharaan kata juga akan semakin banyak. Sehingga tugas menulis esai sudah tidak akan lagi menjadi beban untuk kalian nantinya.

6.       Mencari Pengalaman Menghadapi Dunia Kerja
Materi perkuliahan yang kalian dapatkan di kelas hanya akan menjadi formalitas jika tidak dicoba untuk diaplikasikan. Sebelum terlambat, mulailah untuk mendapatkan pengalaman bekerja meskipun masih berstatus mahasiswa. Lebih baik jika pekerjaan itu berkaitan dengan bidang kuliah yang sedang kalian jalani. Namun bila tidak, kalian tetap bisa mengambil manfaat yaitu memiliki bayangan tentang dunia kerja yang akan kalian hadapi di masa mendatang. Aktiflah untuk mencari informasi magang atau kerja paruh waktu di internet. Atau mungkin kalian juga dapat bergabung dengan dosenmu untuk menjalankan sebuah proyek.


Kurang lebih itulah beberapa kegiatan yang dapat kalian lakukan untuk mengisi prime time kalian sehingga tidak melulu hanya mengejar beasiswa. Mungkin memang benar beasiswa akan sangat berguna dan penting. Namun tidak harus selalu memaksakan diri untuk memperolehnya bukan? Waktu kalian juga sangat berharga untuk dihabiskan bersama dengan orang orang terdekat dan teman teman kalian. Karena ketika sudah berpisah nanti kalian pasti akan jarang bertemu dan jalan jalan bersama lagi. Untuk itu, mumpung masih ada waktu jangan sampai terlewatkan ya. Pengembangan diripun juga diperlukan untuk membangun sikap dan karakter kalian. 

0 komentar:

Posting Komentar