Kamis, 26 Mei 2016

Hindari Ke-5 Hal Ini Ketika Berkomunikasi Dengan Dosen


Sebagai mahasiswa, tentu kalian juga akan bahkan sudah pernah merasakan bagaimana berkomunikasi dengan dosen untuk menanyakan masalah tugas atau materi kuliah yang akan diujikan. Tidak hanya berbicara secara langsung, kita juga bisa berkomunikasi melalui pesan singkat (sms) atau email. Namun tahukah kalian, ketika kita berkomunikasi dengan dosen kita harus memperhatikan beberapa hal agar dosen tidak tersinggung dan senang berkomunikasi dengan kita? Karena semua orang pasti juga memiliki etika berkomunikasi tersendiri. Apalagi seorang dosen yang sangat kita butuhkan saran atau informasi darinya, tentu kita harus menunjukkan etika berkomunikasi yang baik. Untuk itu, hindarilah ke-5 hal berikut ketika kalian akan berkomunikasi dengan dosen.

1.       Memperlakukan Dosen Seperti Teman
Sekalipun jangan pernah kalian memperlakukan dosen kalian seperti teman kalian kecuali sang dosen sendiri yang memintanya karena sudah akrab dengan kalian. Karena berkomunikasi dengan teman dan dosen itu tetap harus dibedakan. Jika dengan teman kita bisa berbicara santai, apa adanya, dan asal ceplas ceplos saja, namun jika dengan dosen maka kita harus lebih sopan dan formal. Hal tersebut bertujuan agar sang dosen merasa dihargai dan tidak menyinggung perasaannya. Seperti ketika mengirim sms, jangan gunakan singkatan dan bahasa gaul yang tidak dimengerti. Gunakan saja tulisan yang baku dan jangan lupa sebutkan nama kalian terlebih dahulu.


2.       Memasang Muka Kecut atau Menantang
Jika ingin mengajak dosen untuk berbicara dan bertanya mengenai tugas kuliah atau yang lainnya, jangan lah memasang tampang kecut dan menantang. Karena itu benar benar tidak sopan dan tidak beretika. Pasanglah wajah yang ramah dan tersenyumlah. Karena dosen juga senang dan akan memperhatikan kalian jika tidak sedang terburu buru dan kebetulan ada waktu untuk menjawab dan berbicara dengan kalian. Oleh karena itu, tunjukkanlah senyum dan jangan lupa untuk menyapa dosen bila bertemu.

3.       Berbicara Ketus
Siapapun orangnya pasti juga tidak suka jika berhadapan dengan orang yang berbicara dengan ketus bukan? Apalagi dosen yang sebenarnya tidak ada keperluan apapun dengan kalian. Yang ada kalianlah yang akan habis terkena semprotan amarahnya. Untuk itu, menjaga intonasi ketika berbicara juga diperlukan. Kita harus pandai pandai membuat penekanan pada hal yang ingin diperjelas saja. Gunakan lah bahasa yang sopan dan bicara pelan pelan dengan tidak seperti mengintimidasi beliau.

4.       Tidak Kenal Waktu
Etika berkomunikasi yang baik salah satunya bersangkutan dengan waktu. Mengapa? Tentu saja ketika berkomunikasi dengan seseorang kita juga perlu memperhatikan waktu supaya dapat bertemu dan berbincang diwaktu yang tepat. Yaitu waktu dimana dosen sedang tidak mengajar, tidak sedang sibuk, atau beristirahat. Sehingga kita tidak mengganggu beliau dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Terutama jika melalui sms yang bisa dilakukan kapan saja, kita juga harus memperhatikan dan menghargai waktu istirahat beliau.

5.       Berkunjung Tanpa Izin
Ketika berkunjung ke rumah atau tempat tinggal seseorang tentu kita perlu meminta izin dari pemiliknya terlebih dahulu. Sehingga tidak mengganggu acara dan keluarga orang yang mendiami rumah tersebut. Selain itu, kitapun juga mendapat kepastian jika orang yang akan kita temui berada dirumah dan dapat meluangkan waktunya untuk kita.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dan wajib kalian hindari ketika berhadapan dan berkomunikasi dengan dosen. Karena mau bagaimanapun mereka juga ingin dihargai dan memiliki kesibukan tersendiri. Apalagi sebenarnya kita lah yang membutuhkan mereka bukan?  Oleh karena itu, gunakanlah etika berkomuikasi yang baik sehingga komunikasipun juga bisa berlanjut dan berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga dampaknya juga akan baik pada tugas dan ujian kuliah kalian. Bukankah pada semester akhir nanti  kalian juga akan menghadapi skripsi dan bakal berhadapan dengan dosen juga?

0 komentar:

Posting Komentar