Kamis, 12 Mei 2016

Gaya Belajar Mahasiswa


Belajar merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang, baik pelajar, mahasiswa, ataupun pekerja. Cara dan gaya belajar setiap orangpun juga berbeda beda berdasarkan daya tangkap, kecerdasan, kenyamanan, serta karakter pada masing masing individu. Hingga terkadang sebuah gaya belajar yang unik sering kali muncul dengan sendirinya dari orang orang yang tak terduga. Lalu bagaimana dengan gaya belajar mahasiswa? Pasti akan cukup seru untuk mengetahui bagaimana gaya belajar mereka yang berbeda beda. Langsung aja kita intip yuk…

1.       Gaya Belajar dengan Mencatat
Belajar dengan mencatat merupakan salah satu gaya yang paling sering diterapkan terutama oleh para mahasiswa yang rajin belajar dan memiliki niat yang kuat untuk segera menuntaskan kuliahnya. Mereka akan mencatat apapun yang penting yang disampaikan oleh dosen pengajar lalu akan mempelajarinya kembali sesampainya mereka dirumah atau tempat kos. Biasanya mahasiswa dengan gaya belajar yang demikian akan sangat populer dan dicari keberadaannya ketika mendekati UTS atau Ujian nanti. Mengapa? Tentu saja untuk dipinjam catatannya yang lengkap oleh teman mahasiswa lainnya yang tidak begitu rajin mencatat.



2.       Gaya Belajar Sedikit Sedikit
Yang dimaksud gaya belajar sedikit sedikit di sini ialah mempelajari materi sedikit demi sedikit. Untuk mahasiswa yang belajar dengan gaya ini, biasanya merupakan mahasiswa yang daya tangkap pemahamannya agak sedikit kurang baik dari yang lainnya. Untuk itu ketika akan mendekati ujian, mereka akan mempersiapkan belajarnya dari jauh jauh hari. Tapi ada juga mahasiswa yang menggunakan gaya ini supaya lebih paham dan berniat untuk mencicil belajarnya supaya tidak kewalahan mempelajari begitu banyak materi nantinya.



3.       Gaya Sistem Kebut Semalam
Nah, untuk gaya belajar yang satu ini biasanya diterapkan oleh mereka mahasiswa yang kurang rajin belajar. Alias belajar kalau akan ada ujian saja. Biasanya mereka akan meminjam, memfotokopi, atau memfoto sendiri catatan dari teman mahasiswa mereka yang rajin mencatat. Mereka akan belajar hingga semalam suntuk untuk menghabiskan materi yang akan diujikan keesokan harinya. Jangan ditiru ya gaya belajar yang satu ini. Karena tidak baik untuk otak kita. Bukannya paham yang ada malah cuman ngantuk saat ujian nanti.

4.       Gaya Belajar dengan Mendengarkan
Jika gaya yang satu ini, tidak dapat belajar jika dalam keadaan sepi. Karena kalau sepi pelajarannya tidak dapat masuk katanya. Sehingga ketika mereka belajar mereka juga mendengarkan musik. Terkadang juga ada yang belajar hanya dari mendengarkan temannya yang membaca materi pelajaran saja lho.. Mahasiswa tersebut akan lebih mudah hafal ketika mendengarkan teman temannya menghafal ketimbang saat dia menghafal sendiri. Hebat bukan?

5.       Gaya Belajar dengan Berbaring
Kalau yang satu ini pasti karena sedang malas belajar. Jadi dia belajar sambil berbaring di sofa atau tempat tidur. Tapi gaya belajar seperti ini kurang baik untuk diterapkan karena dapat merusak mata kita. Selain itu, dengan berbaring kita tidak akan 100% fokus pada materi yang dipelajari melainkan fokus untuk segera tidur. Dan alhasil ketika sudah ketiduran merekapun tidak jadi belajar.



6.       Gaya Belajar dengan Ketenangan
Gaya belajar yang satu ini cukup berlawanan dengan gaya belajar nomor 4 tadi. Karena mahasiswa dengan gaya belajar demikian memerlukan tempat yang sepi, tenang, dan juga hening untuk dapat memahami materi yang dipelajarinya. Biasanya ketika belajar, ia akan lebih suka menyendiri atau bersama diperpustakaan yang sepi dan tenang. Gaya ini juga sering digunakan pada mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir yang dikejar kejar deadline skripsi yang membutuhkan ketenangan.

7.       Gaya Belajar Sambil Ngemil
Untuk yang satu ini, memang cukup beralasan juga sih.. Mengapa? Karena ketika perut kosong maka pikiran kita tidak dapat fokus dan menerima pelajaran apapun sehingga memerlukan asupan nutrisi untuk berpikir nantinya. Sehingga terkadang, entah karena begitu sibuknya atau begitu laparnya, ada mahasiswa yang belajar sambil membawa beberapa camilan untuk menemani waktu belajarnya.

8.       Gaya Belajar Sambil Tidur
Kalau yang satu ini, gaya belajarnya cukup unik. Karena entah bagaimana ia belajar, ketika ada ujian nyatanya nilainya juga bagus bahkan terkadang lebih bagus mengalahkan yang terlihat belajar. Padahal ketika dosen sedang menjelaskan si mahasiswa ini malah tidur terus di dalam kelas. Aneh bukan? Apa mungkin alam bawah sadarnya atau jiwanya tetap terbangun dan mendengarkan dosen yang mengajar ya? Jika ada teman kalian yang seperti itu, coba tanyakan apa rahasianya. 

9.       Gaya Menghilang
Gaya yang satu ini juga sama sama anehnya dengan gaya belajar yang sebelumnya. Bayangkan saja, mahasiswa dengan gaya ini jarang terlihat di dalam kelas. Kalau absen cuma namanya saja yang ada namun kehadirannya tidak diketahui. Tapi setiap UTS atau ujian lainnya selalu ada dan selalu muncul tiba tiba. Dan yang mengherankan, nilainya juga bagus. Padahal ketika adapun, dia juga tidak pernah terlihat sedang belajar. Namun jangan ditiru ya.. Tidak baik bukan jika kita tidak kuliah dengan sungguh sungguh padahal orang tua sudah bersusah payah mencari biaya untuk sekolah kita.

Kira kira begitulah beberapa gaya mahasiswa belajar ketika kuliah. Ada mahasiswa yang belajar dengan gaya yang biasa hingga gaya kocak yang jarang terpikirkan oleh orang lain. Lalu bagaimana dengan kalian? Termasuk gaya manakah yang sering kalian pergunakan? :D

0 komentar:

Posting Komentar