Sabtu, 07 Mei 2016

Fokus Fokus Fokus Belajar!


Halo kawan kawan semuaaa..
Untuk kamu yang sekarang lagi persiapan buat menghadapi ujian, adakah yang terganggu konsentrasi belajarnya?

Kalau ada, kalian wajib nih buat mbaca yang berikut ini...

                Belajar adalah sebuah kewajiban yang harus dijalani oleh seorang pelajar. Namun tidak selamanya seperti itu. Karena nyatanya tidak hanya pelajar saja yang butuh untuk belajar, namun semua orang juga butuh belajar. Bukan hanya mempelajari pelajaran saja, bisa jadi mengenai masalah pekerjaan atau hal hal lainnya yang bisa dilakukan hanya setelah dipelajari. Cara membuat sesuatu atau mengoperasikan sesuatu misalnya. Jika kita tidak ada kemauan untuk belajar lalu bagaimana kita dapat membuat atau mengoperasikan suatu barang tersebut?

                Dalam proses belajar pasti seseorang akan menemukan sebuah gangguan seperti bosan, mengantuk, atau bahkan tidak fokus dengan yang sedang dihadapi. Sehingga terkadang setiap orang memiliki cara yang berbeda agar tetap fokus dan tidak mudah bosan saat sedang belajar. Sambil mendengarkan musik atau membawa cemilan mungkin. Lalu adakah cara lain yang dapat membuat kita lebih fokus belajar selain hal hal tersebut? Tentu saja ada! Apa saja? Inilah pembahasannya...
1.       Istirahat yang Cukup

                Dengan istirahat yang cukup, tubuh terasa fit, tidak lemas, pikiran kita fresh serta kepala kita menjadi ringan. Bila pikiran kita sudah menjadi segar kembali maka materi apapun yang diberikan akan mudah masuk ke otak dan kita dapat lebih fokus dalam mempelajarinya. Hal tersebutlah yang dijadikan bahan pertimbangan apabila sedang sakit disarankan untuk pulang dan beristirahat di rumah. Karena dalam keadaan sakit, kita akan sulit untuk mencerna materi yang diberikan dan mengerjakan sesuatu. Sehingga percuma jika dipaksakan untuk masuk sekolah.

2.       Makan Sehat dan Secukupnya Saja
                Jika ingin fokus belajar, makanlah makanan yang sehat dan jangan sampai kekenyangan. Makanan yang sehat akan membuat pikiran kita menjadi tenang karena tidak terganggu dengan perut yang sakit atau pusing yang disebabkan kekurangan nutrisi. Tapi hal yang perlu diingat adalah jangan makan berlebihan. Mengapa demikian? Karena perut kekenyangan akan membuat kepala jadi berat dan mudah mengantuk. Dengan begitu konsentrasipun akan buyar dan lebih memilih untuk memejamkan mata alias tidur. Hehehe..

3.       Cobalah untuk Rileks
                Dalam berbagai keadaaan yang kalian alami seperti detik detik menghadapi ujian, cobalah untuk tetap rileks. Dengan pikiran yang rileks, apapun yang kita kerjakan pasti akan terkendali dan terkontrol sesuai dengan keinginan kita. Cobalah untuk tetap tenang, tidak tergesa – gesa, dan tidak berpikiran negatif. Karena pikiran yang negatif dapat membuat kalian semakin stress dan tidak tahu akan berbuat apa ketika mengerjakan ujian nanti. Sementara pikiran positif akan membuat kita semangat, ceria, dan termotivasi sehingga membawa hal hal positif lainnya seperti hasil yang maksimal nantinya.

4.       Cintailah apa yang Kamu Kerjakan!
                Yang paling utama ialah mencintai apapun yang sedang kalian kerjakan dan hadapi. Karena hanya dengan begitu, apapun akan kalian lakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan demi memenuhi hal tersebut. Seperti disiplin, fokus, tekun, dan semangat akan mengikuti secara sendirinya. Tak lupa juga usaha yang gigih dan doa yang mengiringi akan membuat semuanya semakin mudah serta kalian memiliki peluang besar untuk mendapatkan hal yang maksimal.


                Nah, begitulah beberapa cara untuk dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam belajar yang bisa kalian coba untuk praktekkan. Buatlah belajar kalian menyenangkan! Semoga bermanfaat dan membantu dalam mensukseskan ujian kalian nanti ya.. J

0 komentar:

Posting Komentar