Kamis, 21 April 2016

Cara Seru Nikmati Waktu Jadi Mahasiswa Tahun Kedua


Ketika memasuki tahun kedua masa perkuliahan, kebanyakan mahasiswa tidak akan terlalu antusias dan bersemangat seperti tahun sebelumnya ketika menjadi mahasiswa baru. Selain pelajarannya yang semakin sulit, kuliahpun akan terasa semakin serius. Apalagi jika sudah dihadapkan dengan keharusan memilih konsentrasi jurusan bagi sebagian mahasiswa yang pastinya akan membuat mereka galau dan bingung untuk memilihnya. Dan akhirnya tidak jarang yang hanya titip absen dan membiarkan waktu berlalu begitu saja tanpa melakukan hal yang begitu berarti. Padahal jika mereka sadar, mereka pasti tidak akan membuang buang waktu tersebut dan melakukan hal yang lebih menyenangkan serta dapat membangun semangat untuk kuliah seperti dulu lagi. Mau tahu bagaimana caranya? Simak saja yang berikut ini..

1.       Aktif Berorganisasi dan Mengikuti Berbagai Kegiatan di Kampus
Gali lah minat yang kalian punya serta cobalah untuk bersosialisasi dengan mahasiswa lainnya agar tahun kedua perkuliahan kalian menjadi lebih baik. Gunakanlah waktu luangmu untuk menikmati aktivitas apa saja yang dapat membuat kalian merasa lebih positif dan membuat kalian bersemangat kembali. Kalian juga dapat mengikuti kegiatan apa saja yang diadakan di kampus. Misalnya seminar dari jurusan jurusan yang berbeda untuk menambah wawasan dan keahlian kalian.

2.       Sering Seringlah Untuk Menemui Dosen Wali
Ketika kalian mulai stress karena dihadapkan pada situasi yang cukup sulit seperti memilih peminatan atau konsentrasi, kalian dapat sering sering berkunjung untuk menemui dosen wali untuk meminta saran dan nasihat darinya. Dengan begitu, beban pikiran kalian dapat sedikit terangkat dan lebih rileks. Jika kalian kurang nyaman dengan dosen wali, kalian dapat meminta saran dari orang tua, atau kakak kelas yang sudah berpengalaman untuk memberi solusi pada kegalauan kalian.

3.       Magang atau Kuliah di Luar Negeri
Jika kalian ingin tahun kedua kalian lebih menarik dan menantang dengan mencari pengalaman yang baru, kalian dapat mempersiapkan diri untuk mengejar program magang atau program kuliah singkat di luar negeri. Dengan lebih mendalami jurusan yang kalian ambil serta mendapatkan program magang yang kalian inginkan, maka semangat dan motivasi pada diri kalian akan dapat muncul dengan sendirinya. Begitu juga dengan kuliah di luar negeri yang akan memberi pengalaman berbeda yang pasti akan sangat berguna dan tak terlupakan untuk kalian. Namun, untuk mendapatkan kedua hal tersebut tentu akan memerlukan sedikit usaha dan perjuangan.
Jika kalian beruntung, kalian bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program student exchange di luar negeri.


Bagaimana? Cukup seru bukan cara cara di atas tadi? Cobalah untuk melakukannya. Siapa tahu kalian akan menemukan sesuatu yang kalian inginkan yang dapat membangkitkan gairah kalian untuk segera menyelesaikan kuliah dengan serius. Jangan sampai waktu tahun kedua perkuliah kalian ini terbuang sia - sia. Manfaatkan dan nikmatilah tahun kedua kalian ini. Semangat!

0 komentar:

Posting Komentar